Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 3 May 2020 15:40 WIB ·

UPDATE INFO COVID-19 : Tiga Warga Aceh Tamiang yang ‘Nyantri’ di Ponpes Temboro Positif Covid-19


 UPDATE INFO COVID-19 : Tiga Warga Aceh Tamiang yang ‘Nyantri’ di Ponpes Temboro Positif Covid-19 Perbesar

BANDA ACEH (RA) —Tiga warga Aceh Tamiang yang ‘nyantri’ di Pondok Pesantren (Pompes) Al-Fatah Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, positif Covid-19.

Menyusul santri AJ dan MAH, santri MF juga positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab dengan sistem Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Balai Litbangkes Aceh, Lambaro, Aceh Besar.

Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media, di Banda Aceh, Minggu, 03-05-2020.

Menurut Jubir yang akrab disapa SAG itu, laki-laki 19 tahun itu selama ini belajar di Pompes Temboro dan pulang ke Aceh bersama AJ, MAH, dan teman-temannya yang lain.

“MAH sudah negatif dan sembuh kemarin. Mereka sama-sama nyantri di Pompes Al-Fatah, Temboro, Magetan, Jatim,” kata SAG.

Menurut data Gugus Tugas Covid-19 Aceh Bidang Kesehatan, sebanyak 75 orang santri yang mondok di Pompes Al-Fatah Temboro, Magetan, Jatim, telah pulang ke Aceh. Mereka menyebar di sejumlah kabupaten/kita di Aceh, katanya

SAG menjelaskan, MF dirujuk ke RSUD dr Zainoel Abidin Banda Aceh (RSUDZA) dari RSUD Pemkab Aceh Tamiang pada 24 Maret 2020, karena hasil raped tes di RSUD Aceh Tamiang menunjukkan tanda reaktif dan memiliki gejala peneumonia.

Di RSUDZA, tim medis melakukan rontgen thorax dan mengambil swab pertama MF pada 26 April 2020. Pemeriksaan terhadap cairan tenggorokan dan cairan hidung MF tersebut hasilnya negatif.

Sesuai prosedur penanganan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kata SAG, hasil swab pertama dikonfirmasi lagi dengan uji swab kedua. Tim Medis RSUDZA mengambil lagi cairan tenggorokan dan cairan hidung MF pada 30 April 2020. Pemeriksaan dengan sistem RT-PCR di Balai Litbangkes Aceh, ternyata MF konfirmasi positif Covid-19 pada 03 Mei 2020.

“MF kini dirawat di Pinere, RSUDZA. Keluarga tidak perlu panik dan cemas berlebihan. MF akan sembuh seperti delapan pasien Covid-19 lainnya,” kata Juru Bicara yang juga Magister Kesehatan Masyarakat bidang Epidemiologi Komunitas itu.

Selanjutnya SAG mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 Bidang Kesehatan Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Tamiang akan menerapkan protokol kesehatan terhadap keluarga dan kontak erat MF di Aceh Tamiang.

Ikuti saja protokol tersebut. Para santri yang pulang dari klaster Magetan juga akan diambil swab untuk diperiksa dengan RT-PCR oleh Gugus Tugas Covid-19, karena sudah tiga orang terbukti terinfeksi dengan virus corona, kata SAG lagi.

*Jumlah kasus*

Selanjutnya SAG menjelaskan, dengan konfirmasi positif MF, jumlah kasus Positif Covid-19 di Aceh per tanggal 03 Mei 2020, pukul 15.00 WIB, menjadi 12 orang dengn perincian: 3 orang dalam perawatan rumah sakit rujukan, 8 orang telah sembuh, dan 1 kasus meninggal dunia pada Maret 2020 yang lalu.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP), lanjut SAG lagi, bertambah 9 orang hari ini, menjadi total 1.911 kasus.. Rinciannya, sebanyak 226 orang masih dalam proses pantauan petugas kesehatan, 1.685 kasus telah selesai menjalani proses pemantauan atau karantina mandiri.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada penambahan, tetap 90 orang. Riciannya, sebanyak 6 pasien sedang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan di provinsi maupun kabupaten/kota, 83 orang telah sehat, dan 1 kasus lainnya meninggal dunia pada Maret 2020.

“Kita tidak boleh mengucilkan ODP, PDP, maupun Covid-19, beserta keluarganya. Penyakit ini tidak ada kaitan dengan perbuatan maksiat atau aib. Virus corona bisa bisa menyerang siapa saja dan kita akan mengalahkannya dengan saling mendukung, bekerja sama, dan disiplin menjalankan prosedur pencegahannya,” pungkas Jubir SAG. (ra)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Trending di UTAMA