Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali Jangan Percaya Isu Prahara 15 Ramadan

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali

BANDA ACEH (RA) – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk H Faisal Ali,meminta khususnya masyarakat Aceh agar tidak terlalu mempercayai isu yang menyebutkan Pertengahan bulan suci ramadan pada tahun ini bertepatan dengan hari Jumat 8 Mei 2020 atau bertepatan 15 Ramadan yang diisukan akan datang musibah besar.

“ Itu berita terlalu didramatisir oleh orang-orang awam. Mereka yang tak cukup ilmu dan membaca sekilas. Jangan Percaya Isu Prahara 15 Ramadandan membaca sekilas.

Melalui nabi tidak dikatakan petunjuk yang seperti itu. Jadi masyarakat tenang dan jangan melakukan sesuatu yang salah untuk mempercayai hal tersebut,” kata Tgk Faisal kepada harian Rakyat Aceh, Minggu (3/5).

Tgk Faisal Ali juga menegaskan, berita tidak jelas maka tidak perlu dipercayai dan direspon berlebihan, terpenting masyarakat hidup normal seperti biasa.

Menurut Tgk Faisal, bisa saja hadits yang menyebutkan datangnya bencana besar pada 15 Ramadan belum tentu seperti itu, maka tidak bisa dipahami secara Zahir. Karena bisa saja maksud hadits bukan seperti itu.

Jika disampaikan bencana besar, bisa saja mati juga bencana besar bagi sebagian orang.
Yang dimaksud bencana besar bukan hanya seperti tsunami. Jadi bencana besar bisa saja untuk satu orang.

Menyangkut dikaitkannya bencana besar tersebut dengan akan datangnya bertepatan puasa ramadan hari Jumat tanggal satu ramadhan sudah pernah juga terjadi sebelumnya.

“Kalau bertepatan Setiap tanggal satu ramadan hari Jumat, maka tanggal 15 pasti jatuh pada hari jumat juga. Dari dulu sudah ada. Bukan berarti kita tidak merespon bencana, tapi terpenting terus kita tingkatkan
ibadah seperti biasa, “ujarnya.
(Ghifari Hafmar)