Langsa Masih Nihil Kasus Positif Covid-19

Sekda Kota Langsa, Syahrul Thaib SH,M.AP

LANGSA (RA) – Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 merilis belum ada kasus positif corona di kota Langsa. Meski begitu masyarakat diminta tetap waspada, tetap tenang dan tidak panik.

“Kita terus mengimbau warga agar tetap waspada namun tidak panik dan
tetap tenang,” kata Sekda Kota Langsa, H Syahrul Thaib,SH,M.AP juga Sekretaris Gugus Tugas Covid- 19, Senin (4/5).

Dirinya mengingatkan semua pihak untuk patuh pada protokol kesehatan dan himbauan pemerintah bahwa lebih baik dirumah saja, kalau tidak ada kebutuhan yang mendesak dan penting sekali jangan keluar rumah. Dan kalau pun keluar harus menjaga jarak sesama (PhysicalDistancing), pakai masker, pulang langsung cuci tangan pakai sabun.

“Ini adalah upaya-upaya pencegahan untuk dapat memutuskan matarantai Covid-19” ujar Syahrul Thaib.

Selanjutnya, dirinya juga mengingatkan para geuchik untuk terus melakukan
monitoring dan memantau setiap warga yang masuk berasal dari wilayah endemik viruscorona dan selanjutnya melaporkan ke puskesmas setempat.

Sejauh ini, Rumah Sakit Umum Daerah Langsa dan lima Puskesmas telah melakukan pemantauan langsung untuk memastikan apakah ada warga yang mengalami
gejala-gejala terjangkit virus corona.

“Jika ada langsung dirujuk ke RSUD Langsa dan disana kita telah dipersiapkan 6(enam) kamar isolasi untuk menangani apabila ada warga yang telah terindikasi atau positif Corona,” sambungnya.

Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada satu pun warga Langsa yang terpapar, namun demikian jangan dianggap remeh masyarakat tatap waspada untuk terus menjaga kesehatan.

Sementaraitu, Plt Asisten Administrasi Umum Pemko Langsa, Junaidi,SKM,M.Kes
menambahkan edukasi masyarakat tidak kurang pentingnya terutama tentang perlunya menjaga pola hidup sehat dan sosialisasi tentang Covid-19 bagaimana gejalanya, cara mencegahnya, dilakukan secara menyeluruh dan jelas agar masyarakat paham dan mau berubah pola hidup.

Baca Juga...  Kapolda Aceh Bagi Bansos untuk PNS Polri dan PHL

Disamping cuci tangan yang benar, menjaga kesehatan tubuh, mengkonsumsi sayur dan buah, olahraga dan lain-lain. Junaidi yang juga Wakil Sekretaris III di Sekretariat Gugus mengatakan keadaan Covid-19 sudah mengembirakan.

Dimana pelaku perjalanan dari negara/wilayah Terjangkit (P2DT) sebanyak 61 orang, Orang Tanpa Gejala(OTG) tidak ada, Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga tidak ada, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada.

“Kita meminta masyarakat tetap lebih peduli dengan imbauan pemerintah kota langsa, jangan anggap remeh,” pungkasnya. (ris/slm)