Terdakwa Kematian Pegawai KIP Pidie Jaya Divonis Bebas

Rakyat Aceh

MEUREUDU (RA) – Lima terdakwa perkara kematian pegawai Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya dapat bernafas lega usai Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) setempat membebaskan mereka atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sidang pamungkas beragenda pembacaan putusan atau vonis digelar di PN Pidie Jaya tersebut berlangsung, Senin (4/5).

Dari fakta-fakta di persidangan serta keterangan para saksi, terdakwa dan keterangan saksi ahli, majelis hakim berkesimpulan, kelima terdakwa tidak terbukti melakukan atau perbuatan mereka tidak memenuhi unsur pidana.

“Berdasarkan fakta-fakta persidangan, keterangan saksi dan saksi ahli dan bukti surat serta keterangan terdakwa, kelima terdakwa dibebaskan dari tuntutan akibat tidak terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana tuntutan JPU,” kata Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Meureudu, Deni Syahputra usai persidangan kemarin.

Sebagaimana diketahui, JPU dari Kejari Pidie Jaya pada sidang tuntutan sebelumnya, menuntut para terdakwa meninggalnya salah seorang pegawai KIP Pidie Jaya atas nama Heri Bin Rusli dengan tuntutan yang berbeda.

Masing-masing terdakwa yang terdiri atas Hafis, Suryadi dan T Azminsyah masing-masing dituntut 3 tahun penjara dan dua terdakwa lainnya, yakni Muhammad Safrizal dan Razali Awahab dituntut 2 tahun 6 bulan.

Menurut JPU tuntutan berbeda tersebut karena peran masing-masing mereka saat meninggalnya pegawai KIP Pidie Jaya tersebut. Hal itu sejalan dengan pasal 359 Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUH-Pidana.

Atas vonis majelis hakim PN Pidie Jaya tersebut, pihak Kejari Pidie Jaya akan melakukan upaya hukum lanjutan yaitu dengan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Kasipidum Kejari Pidie Jaya, Aulia, SH, mengatakan, alasan Kejari melakukan kasasi karena putusan majelis hakim cukup jauh berbeda dengan dari tuntuan JPU.

“Kami akan langsung melakukan kasasi. Karena perkara diputuskan/vonis bebas itu tidak lagi banding, tapi langsung kasasi ke MA,” kata Aulia kepada Rakyat Aceh kemarin. (san/min)

Baca Juga...  MPU Tamiang–IAIN Langsa MoU Penegakkan Syariat Islam