Kinerja Pansus RS Fauziah Tertunda Akibat Corona

Tim Pansus saat mengunjungi Rumah Sakit BLUD dr Fauziah Bireuen. AKHYAR

BIREUEN (RA) – Kinerja Panitia Khusus (Pansus) Rumah Sakit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dr Fauziah Bireuen, tertunda karena secara kelembagaan DPRK sedang fokus menangani Covid-19.

Informasi ini disampaikan langsung Ketua Pansus BLUD dr Fauziah, Zulkarnaini kepada Harian Rakyat Aceh, Kamis (7/5).

Zulkarnaini menjelaskan, setelah terbentuk pada 24 Februari 2020, Pansus langsung menyusun agenda kerja. Kemudian pada 12 Maret 2020 Tim Pansus melakukan kunjungan perdana ke rumah sakit untuk melakukan pemetaan awal sekaligus wawancara dengan para pasien, keluarga pasien dan tenaga medis.

“Hasil kunjungan ini menjadi catatan awal buat kami yang selanjutnya akan kami kumpulkan data-data pendukung lainnya,” ujar pria yang akrab disapa Zoel Sopan tersebut.

Kemudian pada 29 Februari 2020, pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan surat keputusan nomor 13A Tahun 2020 tentang penetapan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona.

“Sejak saat itu, elemen pemerintah seluruh provinsi di Indonesia fokus melakukan pencegahan dan penanggulangan Covid-19, kami anggota DPRK yang merupakan bagian dari lembaga negara juga sedang fokus melakukan pencegahan bersama dengan pemerintah Kabupaten Bireuen,” terangnya.

Lebih lanjut, alasan kenapa Pansus BLUD dr. Fauziah tertunda, karena pemerintah dan seluruh element sedang fokus penangganan Covid 19. Aturan sosial dan physical Distancing yang ditetapkan pemerintah, serta pembatasan akses terhadap rumah sakit harus dihargai dan di prioritaskan, karena tujuannya supaya dapat mencegah dan mengantisipasi Covid 19.

Masa kerja Pansus rumah sakit BLUD dr Fauziah Bireuen, kata Zoel, di SK kan selama 6 bulan, dan saat ini baru berjalan 2 bulan. Jika keadaan sudah kembali normal, Tim Pansus akan kembali bekerja.

Baca Juga...  Tanah Timbun Pembangunan PN Blangpidie Meresahkan Warga

“Terimakasih atas partisipasi rekan-rekan media, LSM dan masyarakat yang terus mengawasi kinerja kami, sehingga kami bisa terus berbuat untuk perubahan ke arah yang lebih baik,” pungkas Zoel Sopan. (mag84/slm)