Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 11 May 2020 08:06 WIB ·

Aminullah Saweu Posko Pengungsian


 Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, membawa bantuan barang pokok untuk logistik dapur umum. Bantuan tersebut diserahkan langsung Aminullah kepada Keuchik Neusu Aceh, Fauzi Usman. IST/RAKYAT ACEH Perbesar

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, membawa bantuan barang pokok untuk logistik dapur umum. Bantuan tersebut diserahkan langsung Aminullah kepada Keuchik Neusu Aceh, Fauzi Usman. IST/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Hujan dengan curah tinggi yang mengguyur Banda Aceh sejak 7 Mei lalu membuat sebagian wilayah Banda Aceh tergenang banjir.

Kondisi paling parah dirasakan warga Dusun Haji Nyak Syam Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman. Hingga saat ini 57 KK masih bergelut dengan air karena belum surut. Mereka masih belum bisa beraktifitas seperti biasanya di rumah, termasuk memasak untuk kebutuhan berbuka dan sahur bagi keluarga.

Menyikapi kondisi ini, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman bergerak cepat. Minggu (10/5), Walikota bersama Kadis Sosial, Rizal Junaedi, Kalaksa BPBD Muzakkir, Kabag Humas Irwan, Camat Baiturrahman M Rizal dan Muspika Baiturrahman langsung meninjau dapur umum yang didirikan di dekat Mushalla Al-Anshar gampong setempat.

Aminullah membawa bantuan barang pokok untuk logistik dapur umum. Bantuan tersebut diserahkan langsung Aminullah kepada Keuchik Neusu Aceh, Fauzi Usman.

Logistik berupa barang pokok yang diserahkan Walikota terdiri dari, beras, air mineral, telur ayam, minyak makan, gula, sarden, sambal, kecap hingga roti.

Kemudian Aminullah juga menyerahkan uang tunai Rp5 juta agar dapat digunakan untuk membeli lauk pauk dan sayur.

Menurutnya, meski di dapur umum, warga terdampak banjir juga harus mengonsumsi ikan, makanan bernutrisi dan mengandung protein untuk menjaga imum tubuh tetap kuat. Apalagi di tengah pandemi covid-19 yang sedang mewabah dimana daya tahan tubuh perlu dijaga agar terlindungi dari penyakit.

“Ini untuk beli ikan, meski di dapur umum kita tidak harus makan telur dan mie instan saja. Tetap makan ikan dan makanan bernutrisi agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Nanti koordinator tolong dibeli ikan untuk dimasak dan dimakan bersama-sama disini,” kata Walikota.

Selain menyerahkan bantuan logistik, Walikota juga memerintahkan PDAM Tirta Daroy menyediakan air bersih untuk kebutuhan dapur umum. Dari lokasi, ia langsung menelpon pihak PDAM memasok air bersih dengan mobil tangki.

“Tolong diantarkan segera, karena habis zuhur aktifitas warga di dapur umum sudah dimulai. Ratusan warga terdampak banjir harus bisa berbuka puasa dan sahur disini,” perintah Walikota kepada jajaran PDAM.

Terkait dengan pencegahan covid-19, di lokasi dapur umum juga akan dipasang wastafel dan menyediakan sabun agar warga selalu bisa mencuci tangan dengan bersih.

“Ini saya ingatkan warga, kita masih dalam kondisi pandemi covid-19. Tetap ikuti protokol kesehatan, selalu pakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun,” pinta Aminullah, kepada warga Dusun Haji Nyak Syam.

Sesaat sebelum pamit, Walikota menyemangati warganya dan meminta tetap sabar menghadapi cobaan. Katanya bencana seperti banjir bisa datang kapan saja. “Bencana bisa datang kapan saja, tidak bisa dibendung.

Hanya saja kita harus selalu siaga agar bisa meminimalisir resikonya. Saya harap kita semua tetap tabah, sabar mengahdapi ini. Semoga semua ini cepat teratasi,” harap Aminullah.

Kepada seluruh warga, ia juga meminta selalu membangun kebersamaan dalam menghadapi bencana, baik banjir maupun covid-19. “Tetap bangun kebersaman. Insya Allah kalau sudah bersama, kita akan bisa mengatasinya,” tutup Aminullah. (ril/bai)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Terima Audiensi Pj. Bupati Singkil

16 April 2024 - 14:39 WIB

TRK Siap Bertarung di Pilkada Nagan Raya 2024

13 April 2024 - 13:47 WIB

BFLF Bagikan Manisnya Lebaran, Ratusan Pengungsi Rohingya di Banda Aceh Tersenyum Lebar

12 April 2024 - 18:32 WIB

Ribuan Narapidana di Aceh Terima Remisi Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 22:08 WIB

Pj Bupati Aceh Besar dan Forkopimda Lepas Pawai Takbir Keliling

10 April 2024 - 09:52 WIB

Dandim 0101/Kota Banda Aceh Hadiri Pelepasan Pawai Takbir Keliling Malam Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 09:49 WIB

Trending di METROPOLIS