9 Warga Kontak Positif Corona Tolak Uji Swab

Ilustrasi

REDELONG (RA) – Sembilan warga sempat kontak langsung dengan pasien positif COVID-19 tidak menghadiri pemeriksaan uji swab dilaksankan di RSU Muyang Kute Bener Meriah, Selasa (12/5).

Wakil Bidang Publikasi Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bener Meriah, Wahidid, kepada Rakyat Aceh menyampaikan, dari 14 orang yang seharusnya dilakukan uji swab, hanya 5 yang hadir di RSU Muyang Kute Bener Meriah.

“Kita akan melakukan pendekatan secara persuasif agar 9 orang yang sudah terdata tersebut dapat dihadirkan sehingga bisa dilakukan uji swab,” ujar Wahidid.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Iswahyudi kepada Rakyat Aceh menyampaikan, petugas medis yang sudah dilatih sebelumnya hari ini sudah mengambil sempel terhadap 5 orang warga Bener Meriah.

“Satu diantaranya merupakan santri pesantren Alfatah, Temboro, Magetan Jawa Timur, semenatara sisianya merupakan kerabat pasien positif COVID-19 yang sebelumnya sempat kontak langsung dengannya” ujarnya.

Disebutkannya, sampel uji swab tersebut akan dikirim ke Litbangkes Banda Banda Aceh. “Sebenarnya ada 14 orang yang seharusnya di ambil sempel namun karna ada halangan mereka tidak hadir,” katanya.

Ia menambahkan, sebanyak 7 petugas medis, terdiri dari dua orang doktor dan tiga tenaga analis rumah sakit serta tenaga analis dinas sebanyak dua orang, saat ini sudah bisa melakukan pengambilan sempel sehingga tidak lagi mendatangkan pihak propinsi.

“Kita cukup mengirim semple ke banda aceh dan menuggu hasilnya keluar” tegasnya
Sementara itu berdasarkan informasi dihimpun Rakyat Aceh, sembilan warga tidak hadir menolak dilakukan pengambilan sampel swab sehingga tidak menghadiri pemeriksaan yang sudah diagendakan.

Santri Positif COVID-19 Sembuh
Setelah menjalani perawatan di RSU Zainal Abidin, seorang pasien COVID-19 asal Kabupaten Bener Meriah, BN, dinyatakan sembuh dan sudah diperpolehkan pulang oleh tim medis

“Tadi malam Kadis Kesehatan Bener Meriah mendapat informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, BN warga Bener Meriah terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh,” ungkap Wakil Bidang Publikasi Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Bener Meriah Wahidid Selasa (12/5).

Pasien Positif Covid 19 yang merupakan santri Pesantren Al-fatah Temboro, Magetan Jawa Timur tersebut sudah menjalani perawatan di RSU Zainal Abidin Banda Aceh sejak 1 Mai 2020 lalu pasca dilakukan pemeriksaan Rapid Test.

Menurutnya, hasil swab keduakalinya terhadap BN menujukan negatif dan saat ini tim kesehatan Bener Meriah sudah berangkat menuju ke Banda Aceh untuk menjemputnya. ”BN juga akan tetap menjalani isolasi madiri dirumahnya“ tegasnya. (uri/min)