Balee Rastong, Gampong Pertama Bayar BLT

Foto Bersama : Sekda Pidie, H.Idhami S.Sos MSi, Kadis PMG Pidie, Drs Samsul Azhar, Muspika Peukan Baro, Kades Balee Rastong, serta pedamping desa setempat berfoto bersama selepas penyerahan BLT perdana, Senin (11/5). Foto dhian anna asmara

SIGLI (RA) – Balee Rastong tercatat sebagai gampong pertama dari 730 gampong di Kabupaten Pidie yang menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama kepada masyarakatnya.

Penyerahan BLT berlangsung di Masjid Gampong setempat, Senin (11/5). Turut dihadiri
oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie, H Idhami S.Sos MSi.

“Saya disini hadir mewakili Bupati Pidie untuk menyerahkan secara simbolis BLT kepada masyarakat Gampong Balee Rastong Bambi,” ujar Sekda Idhami dalam sambutannya.

Sekda menyebutkan bahwa pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada aparatur masyarakat Gampong Belee Rastong Bambi atas keberhasilan dalam menyerahkan BLT kepada masyarakatnya.

Gampong Balee Rastong Bambi, sebut Sekda Idhami adalah salah satu dari 730 gampong perdana di Pidie berhasil menyerahkan BLT kepada masyarakatnya. “Suatu prestasi luar biasa patut dibanggakan,” sebut Sekda berulang ulang.

Diakhir sambutannya, Sekda Idhami berharap agar dana BLT yang disalurkan itu tepat sasaran, dan tidak berganda setiap penerima dengan bantuan sosial lainnya, sehingga kita semua tidak melanggar ketentuan yang digariskan oleh pemerintah pusat.

39 KK Penerima BLT
Keuchiek (Kades) Gampong Balee Rastong Bambi, Marzuki menyebutkan, penerima BLT dari dana gampong (DG) di gampongnya, tercatat 39 kepala keluarga dari jumlah KK sebanyak 152 KK dari jumlah penduduk keseluruhan di desanya, 543 jiwa.

Dari jumlah 152 KK tersebut, papar Keuchiek Marzuki, tercatat penerima PKH sebanyak 23 KK, Penerima bantuan sosial lainnya, tercatat 51 KK, termasuk bantuan non program 1 KK.

Kepada penerima BLT dari dana gampong (DG), sebutnya sudah ditetapkan per – kepala keluarga menerima bantuan Rp 600.000. Sedangkan lama bantuan tersebut, dicadangkan pemerintah selama tiga bulan, atau total bantuan Rp 1.800.000 setiap KK penerima.

Kepada warganya yang menerima bantuan dana gampong tersebut, agar diambil oleh kepala keluarga serta tetap terbuka dengan isterinya dirumah, sehingga sang isteri tidak ribut ribut mendatangi Keuchiek minta lagi bantuan dari BLT.

Pengamatan Rakyat Aceh di Masjid Gampong Balee Rastong, masyarakat meski bukan penerima bantuan BLT, tapi cukup ramai mendatangi atau menghadiri acara penyerahan bantuan BLT tersebut.

Prosessi penyerahan bantuan tersebut, dilakukan dengan secara simbolis untuk tiga orang saja, yakni diterima oleh Yusrita, Nurhayati Ali, dan Rusli Yasien. Penyerahan simbolis itu diserahkan oleh Sekda Idhami, Camat Peukan Baro, Ikhsan, dan Kadis PMG Pidie, Drs Samsul Azhar. (mag85/slm)