Bulog Salurkan Beras Premium untuk BPNT

Kepala Bulog Sub Divre Lhokseumawe, Mufti

LHOKSEUMAWE (RA) – Bulog Sub Divre Lhokseumawe, sejak Januari hingga Mei 2020 telah menyalurkan beras premium untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di tiga daerah. Yakni untuk penerima Kota Lhokseumawe, Aceh Utara dan Kabupaten Bireuen.

“Secara komersial, kita dipercayakan oleh pemerintah untuk menyalurkan beras premium untuk kebutuhan BPNT, dalam setiap penerima itu dijatah 10 kilogram beras,” ucap Kepala Bulog Sub Divre Lhokseumawe, Mufti, kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Ia mengatakan, beras premium itu disalurkan lewat e-warong yang telah ditentukan oleh pemerintah. “Kita jual beras ke pengusaha e-warong dan mereka menjual kembali kepada penerima BPNT, berasnya adalah standar premium, “katanya.

Untuk setiap penerima manfaat BPNT, sebut dia, mendapatkan jatah bantuan sebesar Rp 200 ribu perbulan. Namun, uang itu tidak bisa diambil dan harus dibelanjakan di e-warong sesuai mata barang yang ditelah ditentukan. Seperti beras, telor, minyak goreng, gula, daging, sayur mayur, buah-buahan dan lainnya.

Sementara kendala yang dihadapi selama ini, lanjut dia, setelah beras dibawa ke e-warong untuk dijual dalam program BPNT, uangnya tidak langsung dibayarkan dalam waktu yang telah ditetapkan.

“Jadi kita imbau kepada pengusaha atau pemilik e-warong untuk segera membayar beras yang dibawa itu dalam waktu tujuh hari kerja,”pintanya, seraya menambahkan, pihaknya merasa khawatir jika pemilik e-warong yang belum membayar harga beras. Kemungkinan uang itu akan diputar dan dijadikan modal usaha tambahan. Sementara hutang dengan Bulog tidak diselesaikan, karena Bulog juga mengeluarkan modal untuk membeli beras premium. (arm/msi)