Ruko terbakari di jalan At-Taqwa, Kamis (14/5). RAHMAT
BLANGPIDIE (RA) – Musibah kebakaran terjadi di jalan At-Taqwa tepatnya didepan Hotel Lauser Kota Blangpidie Kabupaten Abdya, Kamis (14/5) sekitar pukul 16.00 WIB bertepatan dengan kumandang azan asar. 
Belum diketahui asal mula api. Namun, dalam waktu setengah jam sijago merah menyelapnya tiga unit ruko semi permanen, dua diantaranya nyaris jadi arang, meskipun dua unit damkar  diturunkan ke lokasi, kobaran api semakin membara. 
“Ruko itu masih semi permanen, makanya cepet dilalap api, papan-papan itu memang sudah jaman, apalagi dalam dua hari terakhir ini sudah mulai musim panas,”kata warga dilokasi kebakaran. 
Akibat ketidak sanggupan memadamkan kobaran api yang begitu membara, dengan dua unit mobil damkar di Blangpidie, pihak BPBK setempat kembali mengarahkan tiga unit tambahan dari Kecamatan tetangga sehingga kobaran api berhasil dipadamkan setelah tiga unit ruko menjadi arang. 
“Yang hangus total tiga unit, sementara dua lagi imbas sampingnya, karena saat saat disiram atap kanopi depan runtuh dengan posisi miring sehingga somprotan air dari mobil pemadam dihalang deng atap seng. Kemudian kobaran api terus membara menyambar kediding tetangga,”kata salaj seorang pihak bencana. 
Dari keterangan pihak bencana setempat, pihaknya belum mengatahui nama pemilik ke lima toko tersebut, apalagi untuk menaksir jumlah kerugian korban. Namun, pihaknya masih dalam kondisi penangganan. “Kita untuk sementara waktu masih melakukan penangganan saat ini,”katanya. (mat/rus).
Foto: Sijago merah lalap lima ruko semi permanen di kota Blangpidie, Kamis petang (14/5). (rahmat).