Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 18 May 2020 05:13 WIB ·

Banjir, Ratusan Warga Aceh Timur Mengungsi


 Banjir akibat intensitas hujan tinggi merendam rumah warga di Kabupaten Aceh Timur pada Minggu (17/5). (BPBA/Antara) Perbesar

Banjir akibat intensitas hujan tinggi merendam rumah warga di Kabupaten Aceh Timur pada Minggu (17/5). (BPBA/Antara)

ACEH TIMUR (RA) – Sebanyak 143 jiwa dari 36 kepala keluarga terpaksa mengungsi akibat banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Timur.

Data Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) terdapat tiga kecamatan yang warganya harus mengungsi yakni Kecamatan Peunaron, Indra Makmur, dan Ranto Pereulak, dengan ketinggian air mencapai satu meter.

”Cuaca buruk, hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Aceh Timur, sehingga sungai di masing-masing kecamatan meluap,” kata Kepala Pelaksana BPBA Sunawardi seperti dilansir dari Antara di Banda Aceh pada Minggu (17/5).

Luapan banjir mulai terjadi Minggu (17/5) sekitar pukul 04.00 WIB. Sejumlah 18 jiwa dari 5 KK warga Desa Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron terpaksa mengungsi.

Kemudian, di Desa Alui Mirah, Kecamatan Indra Makmur sebanyak 100 jiwa dalam 25 kepala keluarga, dan Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak tercatat 25 jiwa dalam enam kepala keluarga terpaksa mengungsi.

Sunawardi menjelaskan, selain tiga desa tersebut, banjir juga merendam rumah warga di Desa Julok Rayeuk Utara, Kecamatan Indra Makmur dan Desa Pante Kera Kecamatan Simpang Jernih. ”Jumlah kepala keluarga dan jiwa yang terdampak masih dalam pendataan,” kata Sunawardi.

Banjir juga melanda Desa Jambo Lubok Kecamatan Indra Makmur, dengan korban yang terdampak sebanyak 765 jiwa atau 200 kepala keluarga. Namun, warga masih bertahan tidak mengungsi. ”Tidak ada korban jiwa,” kata Sunawardi.

Secara keseluruhan, lanjut dia, beberapa desa yang terendam banjir adalah Desa Sri Mulya dan Peunaron Baru di Kecamatan Peunaron, Desa Alui Mirah, Julok Rayeuk Utara, dan Jambo Lubok, di Kecamatan Indra Makmur.

Selanjutnya, desa Pante Kera di Kecamatan Simpang Jernih, desa Seumanah Jaya di Kecamatan Ranto Peureulak, dan desa Pante Labu, Blang Seunong, Sah Raja, serta Sijudo di Kecamatan Pante Bidari.

Sedangkan kerugian material, kata dia, di Kecamatan Peunaron, badan jalan serta 18 unit rumah warga terendam air dengan ketinggian setengah hingga mencapai satu meter. ”Di kecamatan Indra Makmur, rumah warga Alui Mirah terendam dengan ketinggian air berkisar 30 hingga 60 sentimeter, untuk jumlah masih dalam pendataan,” terang Sunawardi.

Debit air terus naik di masing-masing kecamatan. Hal itu karena hujan deras terus melanda daerah itu. Pemerintah juga terus berkoordinasi dan melakukan upaya penyaluran bantuan logistik. ”Saat ini korban terdampak banjir yang memilih mengungsi, berada di rumah tetangga yang aman,” tutur Sunawardi. (jpg/min)

Banjir akibat intensitas hujan tinggi merendam rumah warga di Kabupaten Aceh Timur pada Minggu (17/5). (BPBA/Antara)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kecelakaan Lalu Lintas, Polisi Evakuasi Bus di Muara Batu

19 April 2024 - 21:21 WIB

Sinergi PLN UID Aceh dan Universitas Syiah Kuala, Siap Dukung Impementasi Kampus Merdeka

19 April 2024 - 18:14 WIB

Pangdam IM Pimpin Upacara Sertijab Pejabat Kodam IM

19 April 2024 - 17:08 WIB

KNPI Bireuen Apresiasi Respon Cepat Polres Bireuen Mengungkap Kasus Pengancaman Wartawan

19 April 2024 - 16:05 WIB

Perkara Penganiayaan yang Berujung Pengibaran Bendera Bulan Bintang Berujung Damai di Kejaksaan Bireuen

19 April 2024 - 14:55 WIB

Keuchik se-Aceh Desak Masa Jabatan Delapan Tahun Masuk Revisi UUPA

19 April 2024 - 14:52 WIB

Trending di UTAMA