Mahasiswa Kembali Bagikan Masker dan Semprot Disinfektan

Disinfektan : Mahasiswa Malikussaleh Kelompok 67 menyemprot disinfektan di Desa Tanjung Meunye Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, baru-baru ini. For Rakyat Aceh

LHOKSUKON (RA) – Upaya pencegahan penyebaran virus Corona oleh mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 67 di Desa Tanjung Meunye Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara menggunakan disinfektan serta pembagian masker yang dibuat secara mandiri oleh mahasiswa dengan dibantu warga.

Di bawah pengarahan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Laila Nazirah, Kelompok 67 yang berjumlah enam mahasiswa tersebut memulai aktivitasnya sejak 1 Mei lalu. Mereka sudah berkoordinasi dan mendapatkan pengarahan dari Keuchik Mawardi dan Amrizal, Ketua Pemuda Gampong.

Proses produksi disinfektan oleh mahasiswa dibuat dengan dana terbatas yang dimiliki mahasiwa sehingga produk yang dihasilkan juga hanya tersedia dalam jumlah terbatas. “Namun, meski sedikit dapat membantu meminimalisir penyebaran virus Corona,” kata Laila Nazirah, beberapa waktu lalu.

Ketua Kelompok 67, Rauza, menyebutkan penyemprotan disinfektan difokuskan di tempat-tempat umum atau yang biasa bersentuhan langsung dengan masyarakat luas seperti masjid, pasar, jembatan, musala, MCK, dan sebagainya. “Penyemprotan juga dilakukan pada fasilitas-fasilitas umum yang digunakan publik karena virus dapat menempel di setiap jenis benda,” papar Rauza.

Menurutnya, produksi masker yang dibagikan secara merata di setiap rumah di Desa Tanjong Meunye diharapkan dapat menjaga kesehatan masyarakat dari bahaya penyebaran virus yang dapat terbawa melalui udara.

Rauza dan anggota Kelompok mengharapkan kegiatan itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. (rel/msi)