Pengendaraan sepeda motor Honda. IST/RAKYAT ACEH

DENGAN situasi saat ini membuat banyak masyarakat yang berdiam diri di rumah, tetapi ada beberapa profesi pekerjaan yang harus tetap beraktivitas diluar rumah.

Untuk itu buat yang masih melakukan aktivitas di luar ruangan dan berpuasa harus menjaga kondisi tubuh dalam keadaan yang prima sehingga dapat mengendarai sepeda motor dengan baik.

Iskandar selaku Instruktur Safety Riding PT Capella Dinamik Nusantara (Capella Honda) mengatakan, tips naik sepeda motor pada saat puasa dengan kondisi saat ini, harus menjaga pola hidup yang sehat dan benar.

“Usahakan untuk tidak berkendara saat cuaca sedang panas terik dan selalu gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tagan, gunakanlah masker serta ikuti protokol kesehatan pemeritah saat ini,” Ujar Iskandar.

Ada 4 tips dalam mengendarai sepeda motor pada kondisi saat ini, yaitu, pertama, istirahat yang cukup serta pastikan asupan gizi yang dikonsumsi mencukupi kebutuhan tubuh selama seharian penuh, seperti makan makanan yang kaya serat serta perbanyak minum air putih pada saat berbuka ataupun sahur.

Kedua, sebelum berkendara terlebih dahulu atur rute perjalanan untuk mengantisipasi tubuh tidak mudah lelah, contohnya menghindari jalur macet dan keramaian.

Ketiga, pilih perlengkapan berkendara yang nyaman digunakan agar tidak mengganggu konsentrasi kita dijalan. Keempat, berfikir positif selama berkendara membantu suasana hati menjadi baik serta menjaga etika sehingga berkendara menjadi lebih menyenangkan. (ril/bai)