BLANGPIDIE (RA) – Banjir setinggi satu meter lebih menghadang sejumlah gampong di bebrapa Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Abdya pada Jumat (22/5) sore sekitar pukul 18.00 WIB.

Hal ini disebabkan setelah Kabupaten abdya dan sekitarnya diguyur hujan lebat yang membuat luap air dibeberapa sungai meluap dan menyebar ke pemukiman warga.

Taufik salah seorang warga di Kecamatan Manggeng kepada Rakyat Aceh menyebutkan, banjir kali ini terhitung parah. Dimana pemukiman yang pukuhan tahun tak pernah banjir, namun kali ini ikut terendam banjir.

“Banjir ini kita bilang cukup parah, seperti contoh didepan BANK BRI, yang tidak pernah naik air, tapi sekarang sampai kesitu. Saya juga tidak bisa ikut salat tarawih nanti karna terjebak banjir didalam rumah saya,”katanya.

Disebutkan, banjir yang sudah-sudah tidak pernah mengalami tapi kali ini air masuk kedalam rumah warga sehingga sejumlah warga di desa Kedai Manggeng harus kerja keras untuk membersihkan rumahnya nanti saat berbarengan banjir surut.

“Kita berdoa supaya cepat surut. Kasihan kami terlebih masyarakat sebentar lagi mau buka puasa dan lusa sudah lebaran. Rumah saya hampir satu meter masuk air berwarna keruh,”ucap dia.

Amatan Rakyat Aceh, banjir paling parah menerjang di Kecamatan Manggeng, Lembah Sabil, Tangan-tangan dan Kecamatan Setia. Di Kecamatan Manggeng, di kawasan BRI yang sebelumnya tidak pernah banjir tapi sudah banjir. Kemudian kawasan pasar Manggeng juga dilanda banjir besar.

Hingga pukul 18.30 Wib, banjir belum surut juga malah bisa dikatakan banjir makin parah sehingga butuh penangganan serius dari pihak terkait. (mat).

Foto: Simpang BANK BRI pasar Manggeng Abdya tergenang banjir yang selema ini tidak pernah ada luapan air, Jumat (22/5) (rahmat)