Calang (RA) – Sebelumnya beberpa dekade terasa sepi untuk berlebaran dimana kabupaten Aceh Jaya merupakan hasil pemekaran dengan Aceh Barat kini akibat dampak Corona perkotaan Calang serasa hidup.

Kondisi tersebut sebagaimana dikatakan, Ketua LSM Kita Peduli Aceh Jaya, Abdo Rani, Kepada Rakyat Aceh, Sabtu (23/5). Dengan adanya SE (Surat Edaran) Bupati Aceh Jaya terkait pelarangan mudik untuk seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) sehingga banyak warga tidak mudik keluar Daerah ini merupakan dampak positif bagi para pedagang dan perputaran keuangan Daerah.

Kondisi ini hasil pantauan temen-temen, contoh yang sangat menonjol bahwa para pedagang musiman dalam menyembelih sapi, anggka begitu signifikan dikarenakan memang seperti dikawasan Gampong Padang datar yang dekat dengan komplek perumahan pegawai daging sempat habis dikarenakan selain warga setempat ASN juga membeli daging kondisi ini sangat berdampak positif terutama bagi para pedagang, Kata Abdo

Jika memang sejak beberpa tahun terkahir, kondisi seperti ini terjadi tentu perputaran keuangan pasti sangat dirasakan oleh masyarakat, hikmah dibalik dampak Corona saat ini roda perputaran ekonomi masyarakat sangat dirasakan.

Selama dampak C-19 (Covid-19), dirasakan oleh masyarakat selama bulan suci ramadhan selama adanya himbauan Pemerintah terkait pelarangan ASN keluar daerah dan mudik efek positif yang dirasakan semoga dapat berlangsung hingga Idul Fitri tahun depan, ibarat kata dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, Harap Abdo (say)