Dok HRD bersama Kapolri

IDI — Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, H.Ruslan M.Daud, SE (HRD) menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro, S.I.K, M.H atas tindakan tegas dan cepat dalam melakukan langkah-langkah penegakan hukum kepada dua anggotanya yang melakukan pelanggaran disiplin dan Kode Etik Polisi Repulbik Indonesia.

Menurut HRD, tindakan Kapolres Aceh Timur itu dalam rangka mewujudkan polisi Indonesia yang hebat, tangguh, professional dan terpercaya menuju Indonesia yang maju, adil dan makmur. Jadi siapa saja yang melakukan pelanggaran hukum atau tindakan indisipliner dan pelanggaran kode etik akan dilakukan tindakan tegas kepada siapa saja, ini harus menjadi komitmen Polisi Republik Indonesia dan dapat dilakukan untuk semua daerah dan tingkatan, harap HRD.

Anggota DPR RI Daerah pilihan Aceh dua ini menyatakan dukungannya atas tindakan Kapolres yang melakukan tindakan pengurungan terhadap dua orang anggotanya yang khilaf karena gagal mengendalikan emosi amarahnya sehingga melakukan penyerangan balik terhadap saudara Ramlan di Gampong Bagok Sa Kecamatan Nurussalam.

Meurut informasi, keduanya saat ini sedang diproses oleh Propam Polres Aceh Timur dan telah dikurung dalam sel. Keduanya adalah anggota Polsek Nurussalam. Tindakan Kapolres ini patut saya acungi jempol, karena sikap transparansinya kepada publik dalam proses pengambilan langkah hukum terhadap kedua anggotanya yang melanggar kedisiplinan dan kode etik.

Tidak hanya itu, Kapolres juga meminta maaf secara terbuka kepada public atas kesalahan anggotanya, sikap ini sangat sesuai dengan konteks Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan, dimana semua ummat islam saling mema’afkan, ujar HRD.

Selain melakukan langkah hukum kepada anak buahnya, Bapak Eko juga menanggung biaya pengobatan dan bahkan sudah menyatakan komitmennya untuk menyantuni korban. Sikap ini sangat sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di Aceh, kecerdasan sosial seorang Kapolres sangat membantu institusi Polisi Republik Indonesia dalam menjalankan fungsi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” jelas Haji Ruslan.

Selaku Wakil Rakyat Daerah Pilihan Aceh Dua saya sampaikan terimakasih kepada Kepala Kepolisian Daerah Aceh, Irjen Pol Drs. Wahyu Widada, M.Phil atas kecermatannya dalam membimbing dan mengarahkan para Kapolres di wilayah kerjanya termasuk Kapolres Aceh Timur.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si selalu menyampaikan bahwa beliau akan melakukan penguatan polri yang profesional, modern, dan terpercaya atau lebih dikenal dengan Promoter.

“Pak Idham Azis sangat konsisten dengan ini, jadi menurut saya apa yang dilakukan pak Eko adalah bahagian dari menjalankan tujuh program prioritas Pak Idham,” demikian tutup HRD
.