Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 26 May 2020 07:38 WIB ·

Ini Alasan Jepang Berani Cabut Status Darurat Covid-19


 Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (Reuters) Perbesar

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (Reuters)

Harianrakyataceh.com – Di saat banyak negara masih berjuang melawan pandemi Covid-19, Jepang tampaknya mulai bisa mengatasi hal tersebut. Hal itu dibuktikan saat Negeri Sakura resmi mencabut status darurat Covid-19 mulai Senin (25/5) malam waktu setempat.

“Saya telah memutuskan untuk mengakhiri keadaan darurat di seluruh negara,” Abe mengatakan pada konferensi pers yang disiarkan televisi lokal dan dikutip JawaPos.com dari KyodoNews+, Selasa (26/5).

Adapun alasan pencabutan status darurat Covid-19 oleh Jepang adalah berdasarkan tolok ukur pemerintah dan para ahli adalah apakah infeksi baru telah turun di bawah 0,5 per 100.000 orang. Dalam seminggu terakhir, semua daerah kecuali dua prefektur Kanagawa dan Hokkaido telah melewati ambang itu sehingga diklaim layak untuk mengambil keputusan mencabut status darurat Covid-19.

Keadaan darurat memberikan wewenang resmi kepada gubernur prefektur untuk meminta orang-orang agar tidak melakukan kegiatan dan bisnis yang tidak penting untuk menunda operasi mereka, meskipun Jepang tidak dapat secara hukum menegakkan penguncian keras seperti yang diterapkan di Eropa dan Amerika Serikat.

Jepang mencabut deklarasi darurat Korona kira-kira tujuh minggu setelah diberlakukan di Tokyo, Osaka dan lima daerah perkotaan lainnya pada 7 April lalu selama satu bulan. Langkah itu kemudian diperluas ke 47 prefektur dan diperpanjang hingga 31 Mei.

Sebelum kedaluwarsa, 39 prefektur dibebaskan pada 14 Mei, diikuti oleh Osaka, Kyoto dan Hyogo di Jepang barat Kamis lalu karena penyebaran virus telah dicegah.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike sekarang memulai rencana tiga tahap untuk memungkinkan restoran dan fasilitas kebutuhan primer tetap buka lebih lama dan sekolah secara bertahap melanjutkan kelas.

Pada fase pertama, yang kemungkinan akan dimulai pada hari Selasa (26/5) hari ini, museum dan perpustakaan akan dibuka sementara restoran dan fasilitas kebutuhan primer akan diizinkan untuk tetap buka hingga pukul 10 malam setelah sebelumnya hanya diizinkan hanya sampai pukul 8 malam.

Fase kedua mungkin dimulai pada akhir bulan, kata sumber-sumber pemerintah metropolitan, memungkinkan lebih banyak fasilitas seperti bioskop dan toko-toko yang menjual produk selain kebutuhan sehari-hari untuk dibuka kembali.

Namun, beberapa laokasi hiburan seperti ruang-ruang karaoke, tempat musik live, dan pusat kebugaran yang berpotensi menjadi penularan kelompok tinggi diminta tetap tutup.

Jepang sejauh ini menghindari lonjakan infeksi virus dengan lebih dari 17.200 kasus dan 853 kematian dilaporkan di seluruh negara. Penghitungan tersebut mencakup sekitar 700 infeksi dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama pada bulan Februari.

Sementara situasi infeksi diklaim telah stabil, citra politik Abe tampaknya telah menyusut dalam beberapa bulan terakhir. Abe mendapat kecaman atas tanggapan krisisnya yang menurut para kritikus tidak memadai dan tidak berhubungan dengan publik.

Dengan dicabutnya status darurat Covid-19, diharapkan perekonomian Jepang yang sedang mengalami resesi dapat kembali bergerak.

Pemerintah Jepang juga hampir akan menggandakan ukuran stimulus ekonomi menjadi lebih dari JPY 200 triliun atau USD 1,9 triliun dan setara dengan sekitar 40 persen dari PDB Jepang, karena Abe berjanji untuk melindungi perusahaan dan pekerjaan.

Menteri revitalisasi ekonomi Yasutoshi Nishimura mengatakan pemerintah akan menetapkan masa transisi dan menilai situasi infeksi setiap tiga minggu, yang berarti permintaan bagi orang-orang untuk tinggal di rumah dan menghindari pertemuan besar dapat dikurangi secara bertahap. Orang-orang akan diminta untuk tidak melintasi perbatasan prefektur untuk sisa bulan itu dan permintaan akan dilonggarkan secara bertahap sampai berakhir pada 19 Juni.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

DK PBB Akhirnya Sepakati Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

27 March 2024 - 13:58 WIB

Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Akhirnya Disahkan oleh Dewan Keamanan PBB, AS Pilih Abstain

26 March 2024 - 14:13 WIB

Biadab! Tak Kapok Dikecam, Israel Kini Lancarkan Operasi Militer Baru di Khan Younis, Gaza selatan

25 March 2024 - 14:21 WIB

Pj Gubernur Bustami Minta Panita Besar Wilayah Aceh Pacu Persiapan PON

16 March 2024 - 16:48 WIB

20 Warga Palestina Tewas, 155 Luka-luka Akibat Ditembaki Tentara Israel saat Menunggu Bantuan di Jalur Gaza

15 March 2024 - 14:42 WIB

520.000 Warga Zionis Israel Tercatat Menderita Gangguan Mental Sejak 7 Oktober

14 March 2024 - 14:13 WIB

Trending di INTERNASIONAL