Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

KHAZANAH · 26 May 2020 08:02 WIB ·

Kelebihan Puasa Enam Hari di Bulan Syawal


 Net Perbesar

Net

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan dimana pada hari pertamanya merupakan hari kemenangan bagi umat islam yang menjalankan puasa dengan sebenar-benarnya. Berlalu bulan Ramadhan bukan berarti ditutupnya pintu kebaikan. Allah selalu memberikan peluang ibadah kepada manusia kapan saja. Salah satu Ibadah istimewa dalam bulan Syawal adalah disunatkan berpuasa selama 6 hari.

Kelebihan puasa 6 hari dibulan Syawal setelah berpuasa Ramadhan adalah bagaikana telah berpuasa fardhu setahun. Dalam satu hadits shahih riwayat Imam Muslim Rasulullah bersabda:

من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر رواه مسلم


“barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikutkan dengan enam hari bulan syawal niscaya ia seperti telah berpuasa sepanjang masa.”(H.R Imam Muslim)

Dalam riwayat yang lain Rasulullah bersabda:

صيام رمضان بعشرة أشهر و صيام الستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة


“Puasa Ramadhan balasannya bagaikan sepuluh bulan (berpuasa) dan puasa enam hari Syawal adalah bagaikan dua bulan, maka jumlah demikian adalah puasa setahun”. (H.R. Ibnu Khuzaimah)

Puasa setahun yang dimaksud disini adalah puasa fardhu, karena kalau bukan dimaksudkan demikian maka tidak ada bedanya antara puasa syawal dengan puasa dihari-hari yang lain karena setiap kebaikan Allah balas dengan sepuluh kali lipat amlanya(Ramadhan 30 hari x 10 = 300 hari, syawal 6 hari x 10 = 60 jumlah semuanya 360 hari, ini berdasarkan kebiasan jumlah hari dalam setahun 360 hari). Maka seseorang yang selalu berpuasa Ramadhan setiap tahunnya dan diikuti puasa enam hari di bulan Syawal maka ia bagaikan berpuasa fardhu sepanjang masa sebagaimana yang dimaksudkan dalam hadits riwayat Imam Muslim diatas.

kesimpulannya seseorang yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan enam hari puasa Syawal maka ia mendapat pahala puasa setahun fardhu, sedangkan bila berpuasa sebulan dibulan lain dan diikuti enam hari lagi maka ia juga bagaikan berpuasa setahun tetapi hanya bagaikan puasa sunat bukan bagaikan puasa fardhu. Sebagaimana halnya seseorang yang selalu berpuasa dalam tiap bulanya selama 3 hari maka juga hasil baginya pahala puasa sunat setahun.1

Kelebihan demikian, karena Allah membalas setiap kebaikan dengan sepuluh kali lipat sebagaimana dalam al-Quran surat al-An`am ayat 160 :

من جاء بالحسنة فله عشر أمثالها


“Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya”
——
Ibnu Hajar al-Haitamy, Tuhfatul Muhtaj jilid 3 hal 503 Cet. Dar Fikr

Sumber:https://lbm.mudimesra.com/

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Gubernur Harap BSI Beri Pelayanan Terbaik Sambut PON di Aceh

19 March 2024 - 13:24 WIB

Pengurus ISAD Aceh Diundang Dakwah Ramadan ke Malaysia

19 March 2024 - 13:22 WIB

Dirlantas Polda Aceh Berbagi Takjil Berbuka kepada Pengendara

18 March 2024 - 20:00 WIB

Pj Bupati Iswanto Resmikan Tempat Wudhu Wakaf untuk Masjid Agung Al Munawwarah

18 March 2024 - 19:54 WIB

Dirlantas Polda Aceh Bagikan 100 Takjil Berbuka Setiap Hari

18 March 2024 - 18:04 WIB

Warga Lhokseumawe Dihebohkan Penemuan Mayat di Pos Lampu Merah

18 March 2024 - 18:02 WIB

Trending di LHOKSEUMAWE