Sidak hari pertama kerja setelah usai hari raya Idul Fitri, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, mendatangi beberapa dinas untuk memastikan ASN tetap melayani masyarakat. JURNALISA/RAKYAT ACEH

Kehadiran 90 Persen

TAKENGON (RA) – Untuk memastikan tingkat kehadiran ASN dihari pertama setelah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar, melakukan sidak kebeberapa dinas di beberapa lokasi komplek perkantoran, di Kampung Kung, Kecamatan Pegasing, Selasa (26/05).

Kehadiran yang tidak disangka-sangka ASN untuk memastikan kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelayanan terhadap masyarakat berjalan dengan baik, usai libur.

“Sidak (inspeksi mendadak) ASN hari ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan pegawai dan memastikan mereka tetap melayani masyarakat denga penuh hati,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di kabupaten berhawa sejuk tersebut berharap, meskipun hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran, kinerja ASN harus tetap berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Shabela menambahkan, bahwa sidak yang dilakukan juga sebagai momentum silaturrahmi dengan para PNS, dilingkungan lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

“Sidak ini bukan untuk menakut-nakuti pegawai. Tapi untuk melihat dari dekat kinerja pegawai, sekaligus bersilaturrahmi”, tambahnya.

Sementara itu menurut Kabag Humas Setdakab Aceh Tengah, Salman Nuri SSTP MEc Dev, sidak pertama masuk kerja setelah lebaran ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Bupati Aceh Tengah Nomor: 060/1675/ORGS tanggal 21 Mei 2020 tentang Perubahan Surat Bupati Aceh Tengah Nomor: 060/1664/ORGS tentang Hari Libur Idul Fitri 1441 H.

“Dalam surat tersebut, setiap pimpinan SKPK atau OPD agar meningkatkan pengawasan ASN/Tenaga Kontrak pada tanggal 22,23 dan 26 Mei 2020. Bagi yang tidak masuk kerja tanpa alasan jelas, supaya diambil tindakan disiplin sesuai peraturan perundangan-undangan”, jelas Salman sambil mengatakan tingkat kehadiran ASN sekitar 85-90 persen. (jur/bai)