Rakyat Aceh

SIGLI (RA) – Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie mengangkut 800 ton sampah dari sejumlah kecamatan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H lalu.

Kadis DLH Pidie, Safrizal S.STP Max Dev melalui Komandan Penertiban Sampah, Muzzakir menyampaikan, sebanyak 170 petugas kebersihan dan sopir diterjunkan untuk penertiban kebersihan menjelang shalat Idhul Fitri di sejumlah kawasan kecamatan.

Disebutkan, 170 petugas kebersihan tersebut terdiri dari penyapu jalan sopir truk dan becak motor (Betor) dikerahkan ke seluruh sudut kota dan pasar untuk menertibkan sampah tang berserakan.

Sedikitnya 800 ton sampah dari berbagai jenis diangkut dengan truk sampah dan Betor, mulai dari Kota Sigli, Beureunuen Kecamatan Mutiara, Kembang Tanjong, Sakti, Gronggrong, Indraaya, Padang Tijie, Delima, dan Kecamatan Pidie.

Pekerja sampah memulai pekerjaannya, sejak pukul 22.00 WIB hingga pukul 00.06 pagi. Dimana, semua sampah sudah ditertibkan sebersih mungkin dari lokasi. “Mereka diberi makan dan minum,” timpal Muzzakir.

Dijelaskannya, menjelang shalat Idhul Fitri, tidak ada lagi sampah dijalan umum, lapangan ataupun halaman masdjid, termasuk jalan jalan umum. “Ini sudah kita instruksikan pada buruh sampah,” sebutnya.

Disinggung, terkait dengan hujan yang mulai turun sejak pukul 23,15 menit. Dalam hal ini, papar Muzzakir, pekerja tetap.melaksanakan tugasnya dengan pola masing masing. (mag85/slm)