Lapas Langsa Sediakan Layanan Video Call

Warga binaan Lapas Kelas IIB Langsa melakukan video call, Rabu (27/5). Rakyat Aceh/ray Iskandar

LANGSA (RA) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Langsa menyediakan layanan video call untuk keluarga warga binaan. Kebijakan tersebut diambil untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Ini dilakukan lantaran kunjungan bagi tahanan dan narapidana disetop sementara, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” kata Kalapas Kelas IIB Langsa, Said Mahdar,SH,MH, Rabu (27/05).

Pihaknya mengaku sangat menyadari kebutuhan bagi warga binaan. Apalagi dalam rangka perayaan Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, atas pertimbangan itu, maka mulai Selasa (26/05) Lapas Langsa sudah menyediakan layanan video call sebagai pengganti layanan kunjungan.

Layanan video call tersebut ditempatkan di sebuah ruangan khusus. Pihak Lapas menyiapkan dua unit komputer yang bisa digunakan oleh para warga binaan dengan batasan waktu 5 menit. “Jadi kita batasi waktu setiap warga binaan” ujar Said Mahdar.

Sementara untuk mekanismenya sendiri, para warga binaan diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu kepada petugas, setelah itu mereka baru dipersilahkan antri.

“Warga binaan yang ingin video call nanti akan mendaftarkan data diri, setelah itu akan di panggil dan Setiap wbp diberikan waktu selama 5 menit agar merata. Jam kunjungan online di mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Dan pukul 14.00-15.00 WIB dilanjutkan kembali,” sebutnya.

Para warga binaan tampak sangat antusias mengikuti program kunjungan online tersebut. Walaupun sesaat namun mareka mengaku cukup puas bisa berintraksi dengan keluarga di Hari Raya Idul Fitri tahun ini. (ris/slm)