Wali Kota Usman Abdullah, memimpin rapat new normal di pendopo wali kota setempat, Kamis (28/5). Rakyat Aceh/Ray Iskandar

LANGSA (RA) – Wali Kota Langsa Usman Abdullah mengelar rapat monitoring persiapan simulasi new normal, di pendopo Walikota Langsa, Kamis (28/5).

Dalam kesempatan tersebut, Usman Abdullah, mengatakan dalam waktu dekat akan menghadapi keadaan yang akan sedikit baik, hal ini karena Aceh masuk dalam zona hijau pandemi Covid-19.

Meski demikian, dirinya berharap agar masyarakat harus selalu mengikuti protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

“Dalam kondisi masyarakat kita yang sangat fanatik dengan agama, maka kebijakan yang kita ambil pun harus hati-hati , apalagi banyak yang akan mengoreng isue yang tidak jelas di media sosial,” terangnya.

Selaku aparatur pemerintahan, pihaknya menyatakan siap untuk di hujat, atau disalahkan. Meski apa yang dilakukan tersebut adalah untuk kepentingan publik, namun tetap ada yang tidak suka.

Disampaikan, dalam waktu dekat Langsa akan melakukan simulasi new normal di beberapa titik lokasi berkumpulnya masyarakat seperti pasar Langsa.

Sementara itu, Kapolres Langsa, AKBP Giyarto,SH,SIK, mengatakan seperti pesan Presiden Joko Widodo untuk new normal yang akan dijalani kedepan, tentunya semua pihak harus menjaga pola hidup sehat, selalu memakai masker, cuci tangan, dan selalu menjaga fisik/sosial distansing.

“Kami mendukung penuh sikap pemerintah daerah, di karenakan pak wali kota adalah ketua gugus tugas,” ujar Giyarto.

Hal senada juga disampaikan, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S. Sos, M. Tr (Han) dimana kami TNI dan Polri sudah mendapat perintah, apabila new normal akan diberlakukan pada daerah.

“Alhamdulilah di kota langsa ini sangat normal, namun teknis pelaksanaan kita menunggu arahan lebih lanjut. Namun kita akan selalu menghimbau masyarakat agar terbiasa dalam menjalankan protokol kesehatan dan prinsip nya kami TNI dan Polri siap mendukung pemerintah daerah kapan dibutuhkan,” ujar Dandim.

Dirinya menambahkan, keputusan ini pasti akan sulit, jika semua tidak bersatu dalam melaksanakannya, maka dari itu semua pihak harus selalu kompak.

Hadir dalam rapat tersebut, Walikota langsa Tgk. Usman abdullah.SE, Kapolres Langsa, AKBP Giyarto, S.H., SIK, Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, M.M, Dandim 0104 Atim, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S. Sos, M. Tr (Han), Ketua DPRK Langsa, Zulkifli Latif, Kajari Langsa, Ikhwan Nul Hakim SH, Sekda Kota Langsa, Syahrul Thaib, SH,M.AP, Waka Polres Langsa, Muhammad Dahlan, SH.MH, Asisten II Sekdako Langsa Ir Said Mahdum Majid dan para SKPK. (ris/slm)