Calang (RA) – Sebanyak 12 orang pemuda asal Aceh Jaya dinyatakan lolos seleksi penerimaan Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2020.

Saat ini mereka sedang mengikuti rangkaian pendidikan militer di Rindam IM, Mata Ie Kabupaten Aceh Besar.

Pendidikan pembentukan ini akan berlangsung selama lima bulan, kemudian akan dilanjutkan pendidikan kejuruan atau kecabangan.

Salah satu pemuda Aceh Jaya yang lolos adalah Muhibbul Sabril (20) pemuda asal Desa Alue Meuraksa Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Anak dari pasangan Syafruddin (50) dan Yusriana (48) ini hanya sekali mengikuti seleksi dan langsung lolos setelah melewati sejumlah tahapan seleksi.

Syafruddin yang berprofesi sebagai Keuchik Desa Alue Meuraksa ini sembari haru yang dirasakan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0114/Aceh Jaya yang telah mendampingi anaknya bersama belasan pemuda lainnya selama mengikuti seleksi hingga lolos ke tahap pendidikan.

” Saya tidak menyangka anak saya akan lolos. Saya ucapkan terima kasih kepada Kodim 0114/Aceh Jaya yang sudah mendampingi dan membimbing anak kami hingga lolos mengikuti pendidikan. Saya tidak dapat membalas ini semua, saya serahkan kepada Allah SWT,” kata Syafruddin, Sabtu (30/5).

Sebagai orang tua dirinya juga berpesan kepada anaknya yang sedang menempuh pendidikan tersebut agar menjaga kesehatan, belajar dan berlatih dengan sungguh – sungguh.

” Kami doakan agar selalu diberikan kesehatan, berlajar dan berlatih dengan sungguh – sungguh karena akan bertugas untuk menjaga kedaulatan Indonesia, jangan pernah berkhiat dan melanggar undang – undang,” pesannya.

Syaruddin juga berjanji ke depan akan mengajak para pemuda lainnya di Kecamatan Teunom agar mengikuti seleksi penerimaan prajurit TNI AD.

” Nanti saya akan mengajak pemuda di desa ini dan desa lainnya untuk mengikuti seleksi penerimaan TNI AD. Selama ini mereka kurang semangat karena menganggap masuk TNI bayar. Saya sebagai saksi anak saya lolos sampai pendidikan tidak mengeluarkan biaya selama seleksi,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa 12 pemuda Aceh Jaya yang lolos pendidikan Tamtama TNI AD Gelombang I tahun 2020, tujuh orang diantaranya berasal dari Kecamatan Teunom. (say)