Kadis Pengairan Provinsi Aceh Ir.Mawardi kunjungi beberapa lokasi terdampak abrasi di Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu, (30/5).Sumber photo : For Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) – Kadis Pengairan Provinsi Aceh Ir.Mawardi kunjungi beberapa lokasi terdampak abrasi di Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu, (30/5).

Kunjungan ke lokasi abrasi tersebut turut di dampingin Plt. Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran Kadis Pengairan Provinsi, anggota DPRA, anggota DPRK Aceh Selatan, serta rombongan lainnya.

Akibat musim barat yang terjadi belakangan ini banyak area pesisir pantai yang tergerus akibat abrasi air laut yang berdampak kepada rumah warga. Peninjauan tersebut di lakukan mulai dari Desa Seubadeh Kecamatan Bakongan Timur dan dilanjutkan ke desa Ujong Mangki Kecamatan Bakongan, Pasie Kuala Ba’u Kecamatan Kluet Utara, Desa Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan, Desa Ujung Tanah Kecamatan Samadua dan terakhir di Gampong Pisang Kecamatan Labuhan Haji.

Plt. Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran berharap agar penanganan terhadap abrasi ini segera dilakukan, kalau tidak akan banyak pesisir pantai yang tergerus, terutama yang paling mendesak di Desa Pasie Sibadeh dan Gunung Kerambil.

“Desa Pasie Sibadeh dan Gunung Kerambil, sudah masuk suratnya ke provinsi dari PUPR untuk tahun 2021 dan secara otomatis terselamatlah penduduk di sekitar itu,” kata Tgk Amran.

Untuk penanganan di sungai Labuhan Haji, Dinas Pengairan Provinsi Aceh akan mengupayakan bronjong sebanyak 300 keping.(Yat)