SIGLI (RA)  –  Bupati Pidie, Roni Ahmad, SE (Abusyik) mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila via video conference (vidcon), Senin (1/6/2020).

Abusyik mengikuti upacara Vidcon dari ruang kerjanya. Ia tampak didampingi oleh Sekda, para Asisten, dan sejumlah kepala SKPK.

Upacara dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo diikuti oleh seluruh kepala daerah yang ada di Indonesia.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, semua rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan secara virtual. Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, pembacaan teks pancasila, dan UUD 1945.

Dengan tetap mengindahkan Protokol Covid 19, Peringatan Harlah Pancasila berlangsung khidmat. Kegiatan tersebut disiarkan secara langsung melalui saluran kanal Sosmed BPIP dan TVRI dan RRI.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI Jokowi menyampaikan bahwa peringatan hari kelahiran pancasila dilaksanakan di pandemi covid-19 yang menguji pengorbanan, kedisplinan, kepatuhan, daya juang, dan ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang tepat.

“Namun dalam menghadapi itu, kita perlu bersyukur bahwa pancasila tetap penting sebagai penjuru untuk menggerakan persatuan, kepedulian untuk saling berbagami, memperkokoh gotong royong, dan menumbuhjan daya juang dalam menghadapi tantangan,” ujarnya. (ra)