Akibat Wabah Corona, 64 CJH Abdya Gagal Berangkat Tahun Ini

ILUSTRASI HAJI: (Dok. JawaPos.com)

BLANGPIDIE (RA) – Sedikitnya 64 Calon Jamaah Haji (CJH) dari Kabupaten Abdya yang sudah 10 tahun menunggu, dikabarakan gagal beberangkat tahun ini akibat wabah Corona.

Hal itu diungkapkan Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Abdya, Suryadi Anwar kepada wartawan pada Kamis (4/6) di ruang kerjanya.

“Ada sekitar 64 orang calon jemaah haji tahun 2020 ini yang gagal berangkat. Bahkan ada diantara calon jamaah itu, sudah menunggu 10 tahun lalu sejak mendaftarkan diri. Kalau kita pikir-pikir sayang sekali,”katanya.

Disebutkan Suryadi, pembatalan keberangkatan CJH tahun 2020 ini merupakan kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia yang mengacu pada aturan pemerintah Arab Saudi tentang menutupan akses pendatang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Para CJH di Abdya sudah menunggu sejak lama agar bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Namun gagal karena wabah corona. Dari 64 CJH ini 43 laki-laki dan 21 orang perempuan,”sebutnya.

Menurutnya, Pemerintah Arab Saudi tidak memberikan akses kepada siapapun pendatang, karena resiko yang sangat besar. “Para CJH ini kebanyakan sudah lanjut usia dan sangat rentan tertular penyakit. Makanya CJH dibatalkan untuk tahun ini,”tuturnya.

Ditambahkan, kegagalan keberangkatan CJH tahun ini bukan di Aceh saja. Namun, juga jamaah batal berangkat tahun ini tersebar diseluruh dunia. Suryadi memastikan CJH tahun 2020 ini akan berangkat di tahun depan.

“Mereka pasti berangkat tahun depan dan yang sudah mendaftar tahun 2021 berangkatnya tahun 2022, terus begitu atau jadwalnya berganti. Kita doakan saja agar wabah Corona itu cepat berakhir,”pungkasnya. (mat).