Pemko Serahkan 9 Rumah untuk Korban Kebakaran

Wakil Walikota Marzuki Hamid menyerahkan kunci rumah korban kebakaran di Seulalah Baru dan Pondok Pabrik. Rakyat Aceh/Ray Iskandar

LANGSA (RA) – Pemerintah Kota Langsa menyerahkan rumah kepada korban kebakaran di Gampong Seulah Baru dan Gampong Pondok Pabrek, Kecamatan Langsa Lama, Rabu (3/6).
Kepala Dinas PUPR, Muharam, kepada Rakyat Aceh, menyebutkan ada sembilan unit rumah diserahkan, terdiri dari empat rumah bangun baru, dua rehab berat dan tiga rehab ringan. Total biaya dihabiskan adalah Rp409.000.000.

Dijelaskan, rumah bantuan tersebut dibangun atas kerjasama Pemko Langsa dan Operasi Karya Bakti TNI.

“Kita yang siapkan anggarannya, TNI yang membangunnya,” ujar Muharram.
Penyerahan bantuan rumah ditandai dengan penyerahan kunci oleh
Wakil Wali Kota Langsa Marzuki Hamid bagi korban kebakaran Gampong Pondok Pabrik dan Gampong Seulalah Baru Kecamatan Langsa Lama.

Marzuki Hamid menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitas rumah korban kebakaran.

“Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan rumah korban kebakaran di Gampong Pondok Pabrik dan Gampong Seulalah Baru kecamatan Langsa Lama telah diselesaikan dengan baik untuk masyarakat yang terkena musibah kebakaran beberapa bulan yang lalu,” ujar Marzuki Hamid.

Dikatakannya pembangunan dan rehabilitas tersebut dibagi dalam tiga jenis diantaranya pembangunan rumah baru, rumah rehab berat dan rehab ringan.

“Yang kita bangun kembali empat unit pembangunan rumah baru, dua unit pembangunan rehab berat serta tiga unit pembangunan rehab ringan. Dengan total anggaran sebesar Rp. 409.000.000,” jelasnya.

Marzuki Hamid menambahkan pelaksanaan kegiatan pembangunan rumah korban kebakaran itu dilaksanakan pada karya bakti TNI dengan jangka waktu pelaksanaan 60 hari dan diakuinya ditengah musibah kebakaran pemerintah saat ini juga menghadapi tantangan Covid-19 sehingga banyak keperluan lain harus dilaksanakan.

“Meskipun rumah yang dibangun oleh pemerintah tidak sama persis dengan sebelumnya namun inilah persediaan yang dapat dibantu oleh Pemko Langsa dengan jajaran TNI sehingga korban yang kehilangan tempat tinggal sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing,” ujar Marzuki Hamid.

Ditambahkan, Marzuki Hamid menghimbau ditengah pandemi Covid-19 ini diharapkan kepada warga agar mematuhi protokoler kesehatan dalam kehidupan sehari-hari seperti menggunakan masker, jarak jarak, cuci tangan dan menghindari kerumunan.

“Apabila tidak ada keperluan lebih baik di rumah saja,” imbuhnya.
Turut hadir dalam acara tersebut, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar S,Sos, M.Tr (Han), Ketua DPRK Langsa Zulkifli latief, Kabag Ops Polres Langsa AKP Sartono, Camat langsa lama Zakaria, Geuchik Seulalah Baru, Geuchik Pondok Pabrik Noto dan perwakilan masyarakat penerima bantuan rumah.(ris/slm)