Tiga Desa di Abdya Cair BLT Tahap II

Rakyat Aceh

BLANGPIDIE (RA) – Sedikitnya baru tiga desa dari 152 desa di Kabupaten Abdya sudah menyalurkan bantuan dampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap II kepada penerima manfaat.

“Ya, Laporan realisasi salur BLT-DD tahap II tanggal 4 Juni 2020 sebanyak tiga desa”, kata Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Pendukung dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Amrizal, S. Sos, Kamis (4/6).

Disebutkan, adapun desa yang telah menyalurkan bantuan BLT-DD tahap II tersebut yaitu di Kecamatan Jeumpa dua desa dan Kecamatan Susoh satu desa.

“Desa Alue Sungai Pinang dan desa Baru Kecamatan Jeumpa, satu lagi desa Durian Jangek Kecamatan Susoh, sedangkan yang belum salur sebanyak 149 desa,”sebutnya.

Di tiga desa katanya, BLT-DD tahap II itu sebanyak 223 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah anggaran terserap sebanyak Rp. 133.800.000.

Amrizal menyebutkan, penyaluran bantuan BLT DD tahap I masih tersisa dua desa yang belum salur hingga saat ini, adapun sisa desa yang sudah salur sebanyak 150 desa dengan jumlah penerima 12.273 KPM dengan total anggaran sebesar Rp. 7.363.800.000.

“Untuk tahap I ada yang belum menyalurkan BLT-DD itu yaitu desa Kedai Susoh Kecamatan Susoh karena terlambat mengajukan usulan pencarian DD dan desa Geulanggang Gajah Kecamatan Kuala Batee karena usulan penerima BLT-DD tidak valid,”paparnya.

Kendatipun demikian, Amrizal menegaskan kepada para Keuchik agar penggunaan anggaran dana desa tetap mengacu pada ketentuan yang berlaku, dan jika ada Keuchik yang sengaja memanipulasi data maka harus siap menerima konsekuensi hukum.

“Penerima harus tepat sasaran ,tidak boleh ada pemotongan, tidak boleh tumpang tindih antara penerima PKH, BPNT, BST,dan BLT DD”tutupnya. (mat)