Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 9 Jun 2020 06:43 WIB ·

Pengelolaan Dana Desa Tak Transparan Warga Keude Susoh Segel Kantor Keuchik


 Rakyat Aceh Perbesar

Rakyat Aceh

BLANGPIDIE (RA) – Puluhan warga Desa Keude Susoh Kecamatan Susoh Kabupaten Abdya menyegel Kantor Keuchik setempat dengan alasan pimpinan desa mereka tidak transparan mengelola dana desa.

Darma, salah seorang Tuha Peut di desa tersebut, Senin (8/6) mengatakan, penyegelan dipicu beberapa masalah termasuk tidak transparannya pengelolaan Dana Desa (DD) dikelola kepala desa bernama Sabri.

Warga menduga dana desa yang dikelola Kades itu secara pribadi. “Makanya warga protes,” tambahnya.

Peristiwa ini muncul kata Darma, terkait permintaan warga pertanggungjawaban DD sejak tahun anggaran 2015 hingga 2019 yang hingga saat ini tidak kunjung disampaikan kepala desa kepada masyarakatnya.

“Itulah yang membuat warga emosi hingga berujung penyegelan kantor,” tuturnya.
Permasalah ini juga dipicu lantaran Kades melakukan pembatalan rapat bersama aparatur desa dan warga yang direncakan pada, Kamis 4 Juni 2020 pukul 21.00 WIB di kantor desa setempat dengan agenda pemilihan Sekdes dan Bendahara Desa yang telah mengundurkan diri.

“Akibat batal rapat itu, warga menilai Kades egois, dengan alasan salah satu perangkat desa bernama Dasrudin tidak hadir,”ujarnya.

Selain itu disebutkan, juga terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) COVID-19 yang mulai tahap I dan II, hingga saat ini belum disalurkan dan terancam tidak tersalurkan karena Pejabat Bendahara dan Sekdes tidak ada.

“Kemungkinan bisa gagal juga penyaluran BLT itu, karena Sekdes dan Bendahara desa sudah mengundurkan diri. Anggaran Dana Desa tahun 2020 hingga saat ini belum juga dicairkan terkendala dengan kurangnya perangkat desa yang telah mengundurkan diri sejak bulan Januari 2020,” paparnya.

Menurut Darma, penyegelan kantor Kades ini memang sudah disepakati warga sebagai bentuk protes terhadap kepemimpinan Sabri yang dinilai tidak ada keterbukaan atau transparan dengan masyarakat, sehingga diambil sikap untuk melakukan penyegelan kantor desa.

“Aksi penyegelan itu tidak ada kekacauan. Saat ini kantor masih tersegel,” sambungnya.
Penyegelan pintu depan kantor desa itu dilakukan pada minggu kemarin menggunakan papan yang turut disemat karton bertuliskan beberapa kalimat protes hingga menutup pintu depan kantor.

Sementara itu, Keuchik Keude Susoh, Sabri mengakui, permasalahan pergantian Sekdes yang telah mengajukan surat pengunduran diri beberapa waktu lalu. Kini pihaknya bersama tuha peut sedang berencana melakukan pemilihan perangkat baru demi kelancara roda pemerintahan gampong.

“Karena Sekdes lama mengajukan surat pengunduruan diri, maka kita bersama Tuha Peut dan Bendahara serta warga kita mengadakan pemilihan Sekdes baru dalam waktu dekat demi kelancaran roda pemerintahan gampong,” kata Sabri.

Menyangkut kepentingan masyarakat banyak, lanjut Sabri, secara administrasi hari ini pihaknya masih memberi tanggungjawab kepada perangkat lama seperti Sekdes dan Bendahara.

“Perangkat yang lama masih diberikan kesempatan membantu kita dalam hal terutama proses pencairan BLT di Bank, karena SK masih dalam tahap proses,” katanya. (mat/min).

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Walau Dijaga Ketat Pengungsi Rohingya di Aceh Barat Terus Kabur

18 April 2024 - 14:42 WIB

Gandeng Puskesmas Lhok Bengkuang, Rutan Tapaktuan Gelar Penyuluhan Kesehatan

17 April 2024 - 17:58 WIB

Bacalon Bupati Nagan Raya Mulai Bermunculan

16 April 2024 - 15:55 WIB

Pabrik Pengolahan Rotan di Simeulue Terbakar, Kerugian Diperkirakan Capai Rp56 Juta

16 April 2024 - 15:14 WIB

Satlantas Polres Simeulue Amankan Puluhan Ranmor Knalpot Brong

14 April 2024 - 20:04 WIB

Kapolres Aceh Jaya Secara Langsung Mengatur Lalu Lintas

13 April 2024 - 14:44 WIB

Trending di NANGGROE BARAT