Gampong Alue Rambot Lembah Sabil Cair BLT Tahap II

Keuchik Desa Guhang Kecamatan Blangpidie salurkan BLT kepada warga penerima, Rabu (10/6). Rakyat Aceh/rahmat.

BLANGPIDIE (RA) – Perangkat Desa Alue Rambot Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Abdya melakukan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap ke-II untuk warga desa miskin desa setempat.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut bersumber dari Dana Desa yang merupakan alokasi untuk bulan Mei yang diberikan kepada masyarakat miskin yang terdampak covid-19 dengan jumlah penerima sebanyak 70 orang.

“Sama seperti bulan April lalu bahwa BLT DD bulan mei ini diterimakan langsung berupa uang tunai senilai Rp 600.000 rupiah,” kata Keuchik setempat Wahidul Khahar kepada Rakyat Aceh, Rabu (10/6).

Secara terpisah di Desa Guhang Kecamatan Blangpidie Kabupaten setempat juga menyalurkan BLT tahap II dengan jumlah penerima sebanyak 47 orang dari jumlah penduduk sebanyak 170 KK.

“Ada 47 orang penerima, sama seperti penerima pada tahap awal di bulan April lalu. Dengan jumlah uang pertahap sebanyak Rp28.200,000 rupiah,” kata Keuchik Khaidir.
Khaidir menyebutkan, pemotongan DD tersebut sebanyak 25 persen dari total anggaran DD pertahun sebanyak Rp700 juta lebih.

“Anggaran DD kita disini tidak sampai Rp800 juta, dipotong 25 persen untuk BLT dan Covid,” jelasnya.

Disebutkan Khaidir, bagi warganya yang berdomisili di desa lain atau didesa tetangga namun tidak terdaftar di desa tersebut, pihaknya tetap didaftar untuk mendapatkan BLT tersebut jika sesuai dengan ketentuan penerima.

“Ada beberapa orang warga kita yang tinggal di desa lain. Tapi mereka belum pindah dari desa kita, mereka masih terdaftar disini, maka itu juga kita berikan BLT tersebut jika memang berhak dia untuk mendapatkan,” sebut Khaidir.

Menurutnya, kemungkinan kedepan ada penambahan perpanjangan waktu untuk tiga bulan kedepan.

“Tapi itu belum pasti, karena dari kemendes ada info penpanjangan BLT sampai bulan September nanti. Waktunya saja yang diperpanjang tapi jumlah penerima tetap,” pungkasnya. (mat/rus)