Abusyik Tegaskan Pupuk Kimia Rusak Kesuburan Tanah

Bupati Pidie, Roni Ahmad SE bersama petani Gampong Lupueng Geumpang di kawasan areal perkebunan masyarakat memberi penyuluhan soal pupuk organik, Kamis (11/6). Humas Pemkab Pidie/ Dhian Anna Asmara

SIGLI (RA) – Bupati Pidie, Roni Ahmad SE (Abusyiek) mengatakan, penggunaan pupuk alami buatan sendiri jauh lebih baik dari pupuk pestisida berbahan kimia. Karena, secara ekonomi lebih menguntungkan. Selain itu, ramah lingkungan. Demikian disampaikan Abusyik kepada Rakyat Aceh, Kamis (11/6).

Sehari sebelumnya, Abusyik mengunjungi Kecamatan Geumpang menyaksikan penyemprotan massal tanaman durian, rambutan, kopi, kakao (coklat)
Menurut Abusyik, selama sehari penuh di Kecamatan Geumpang, ia meninjau sejumlah lahan pertanian dan perkebunan masyarakat yang kerap menggunakan pupuk bahan kimia.

Selama di Geumpang, katanya memberikan berbagai penyuluhan kepada pemilik lahan perkebunan dan persawahan, bahkan melakukan penyemprotan terhadap tanaman yang mulai layu dijangkiti penyakit.

Disebutkan, Pidie merupakan daerah agraris dengan areal sawah dan kebun cukup luas dan sangat menjanjikan untuk masa depan keluarga petani asal mau bekerja keras dan memahami perawatan lahan tanamannya

Ramah Lingkungan
Pertanian organik, lanjut Abusyiek dikenal pula sebagai lahan yang ramah lingkungan dan sangat bagus untuk kesehatan keluarga, juga seluruh masyarakat. Karena, tidak menggunakan bahan kimia secara berlebihan.

Menggubakan bahan kimia secara berlebihan, papar Bupati Abusyiek, disamping merusak kesehatan diri juga mengurangi kesuburan tanah, serta mendatangkan hama yang merusak tanaman.

Lebih lanjut, Bupati Abusyik mengatakan, ia sejak tahun 2018 sudah menginstruksikan kepada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pidie, agar mengembangkan penggunaan pupuk alam dan cara pengadaannya.

Selama di Geumpang, lanjut Bupati Abusyik, ia menyemprot tanaman durian, kopi, coklat, dan lainnya yang diserang hama, baik hama pohon maupun hama yang menyerang buah dan daun.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Pidie, Ir Sofyan secara terpisah menyebutkan, kegiatan penyemprotan hama tanaman di beberapa kawasan perkebunan di Geumpang disaksikan oleh Bupati Abusyiek, sekalugus mempraktik cara menyemprot yang sempurna, termasuk (cairan) obat semprot alam buatan Abusyiek.

Bupati Abusyiek, sebut Kadistanpang Ir Sofyan, termasuk ahli dalam membuat obat semprot, baik untuk kesuburan tanaman, tanaman yang rusak akibat hama, termasuk mampu membuat ramuan bagi orang orang yang berpenyakit kulit sudah menahun. (mag85/slm)