LHOKSEUMAWE (RA) – Pasangan suami-istri, MS (42) dan DL (41) asal Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, yang dinyatakan positif Covid-19 hasil pemeriksaan swab, kini kondisi kesehatannya dalam keadaan sehat. Pasangan suami-istri ini dirawat diruang isolasi Rumah Sakit Umum Cut Meutia Lhokseumawe sejak 7 hari lalu. 
Bahkan, pihak Rumah Sakit Umum Cut Meutia Lhokseumawe telah menerima hasil tes swab kedua dari Laboratorium Badan Pemeriksaan dan Pengembangan Kesehatan Aceh pada Selasa (16/6). Hasilnya, untuk MS (42) itu negatif Covid-19 dan dinyatakan sembuh sehingga diizinkan untuk pulang kerumah serta istrinya DL (41) positif Covid-19 dan perlu dilakukan perawatan lagi.
Humas Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Buket Rata Lhokseumawe, Jalaluddin SKM M.Kes, dikonfirmasi Rakyat Aceh, kemarin, membenarkan, salah satu pasien Covid-19, MS sudah sembuh berdasarkan hasil swab yang diterima pihaknya hari ini (kemarin.red). “Jadi untuk MS hasil Swab negatif dan istrinya DL masih positif Covid-19,”ucapnya.
Ia mengatakan, MS sudah dibawa pulang yang dijemput oleh tim gugus tugas penanganan dan pencegahan Covid-19 Kota Lhokseumawe pada siang tadi. “MS berada di ruang isolasi selama enam hari dan hari ketujuh (hari ini,red) sudah sembuh dan hasil swab pun keluar yakni negatif Covid-19, karena yang bersangkutan tidak ada penyakit penyerta lainnya makanya cepat sembuh,”katanya.
Sebutnya, selama di RSUCM Lhokseumawe, MS dan DL sudah dua kali dilakukan tes swab. Masing-masing pada Rabu (10/6) sore lalu dan hasilnya sudah keluar dua hari lalu, dengan hasil swab keduanya negatif. Kemudian, kembali dilakukan tes swab pada Jumat (12/6) lalu dan dikirim 
ke Laboratorium Balitbangkes Banda Aceh. Namun,  hasilnya telah keluar yang diterima oleh RSUCM Lhokseumawe pada Selasa (16/6), untuk MS negatif dan DL positif. 
Untuk diketahui, awalnya pasangan suami-istri ini positif Covid berdasarkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR)  yang dilakukan  di Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.
Lima Pasien Covid Kembali di Swab 
Sementara itu, lanjut Jalaluddin, terhadap lima pasien positif Covid yang dibawa ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia Lhokseumawe pada Senin kemarin sudah ditangani dengan baik sesuai dengan prokotol kesehatan. 
“Kemarin sore sekira pukul 16.00 Wib,  kelima pasien itu sudah dilakukan tes swab untuk dikirim ke Balitbangkes Banda Aceh. Kita tunggu saja hasilnya nanti, mudah-mudahan negatif”ungkapnya. (arm)