Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) – Tapaktuan Diving Club (TDC) Kabupaten Aceh Selatan akan melakukan penghijauan mangrove (bakau) di Gampong Padang Bakau, Kecamatan Labuhanhaji.

Rencana penghijauan mangrove tersebut diutarakan Ketua TDC Aceh Selatan Mayfendri SE kepada wartawan di Tapaktuan, Sabtu (20/6).

Menurut dia, gebrakan penghijauan dengan menanam bibit mangrove di Gampong Padang Bakau itu merupakan bagian pelestarian mangrove yang kian mulai langka di daerah ini.

“Mangrove sebetulnya sangat bermanfaat bagi penunjang perekonomian masyarakat. Karena buah mangrove bisa di olah untuk kue, dan mangrove juga bisa menghasilkan madu lebah,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, TDC Aceh Selatan akan melakukan penanaman bibit mangrove di Gampong Padang Bakau, dengan dana swadaya masyarakat.

“Penanaman bibit mangrove ini juga akan kita lakukan di Gampong Pasar Lama, Kecamatan Labuhanhaji. Sebab di lokasi dimaksud, keberadaan mangrove sudah rusak, dan perlu diremajakan kembali,” ucapnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Padang Bakau, Herman menyatakan siap atas rencana TDC Aceh Selatan melakukan penghijauan kembali mangrove di muara sungai Padang Bakau.

“Luas lahan mangrove di Gampong Padang Bakau ini 17 hektar, 5 hektar diantaranya sudah rusak, dan tinggal 12 hektar lagi,” jelasnya. (rus).