Ratusan Calon Mahasiswa UNIKI Ikuti Seleksi Gelombang I

BIREUEN (RA) – Sebanyak 821 calon mahasiswa baru (maba) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, mengikuti seleksi gelombang I, di kampus induk setempat, Senin (22/6).

Adapun seleksi gelombang I bagi calon maba UNIKI pada tahapan TKA, dilaksanakan melalui online dengan cara mengisi google.form.

Sementara itu, untuk tes baca Al-quran yang menjadi syarat wajib bagi peserta, dimulai sejak 22-26 Juni.

Sampai saat ini, sebanyak 766 peserta sudah melengkapi persyaratan seleksi, yaitu tes Kemampuan Akademik (TKA), baca Al-quran, dan tes wawancara.

Hal ini disampaikan koordinator seleksi, sekaligus Rektor III bidang Kemahasiswaan UNIKI, Dr. Azhari, SE, M.Si, Ak, CA, saat dikonfirmasi media Rakyat Aceh, Selasa (23/6).

Disebutkan, bagi calon mahasiswa yang tidak sempat mengikuti seleksi tahap pertama, akan diberi kesempatan pada seleksi gelombang-II.

“Atas dasar statistik pendaftar, lebih dari 70% calon mahasiswa meminati 3 progam studi unggulan di kampus UNIKI, yaitu S1 Manajemen FEB, S1 Akuntansi FEB, dan Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM),” ujar Azhari.

Sementara program tersebut, kata Azhari, memiliki daya tampung yang terbatas. Untuk tahun ini, Prodi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi, masing-masing hanya menerima mahasiswa baru sebanyak 120 orang, yang nantinya akan kuliah di Kampus Utama Bireuen dan Kampus PSDKU di Lhokseumawe.

Sedangkan program S1 Teknik Informatika dan Multimedia, memiliki daya tampung sebanyak 130 mahasiswa.

Selain prodi tersebut, lanjut Azhari, ratusan pendaftar juga memilih program studi Hukum, Sain Pertanian, Peternakan dan Pendidikan Jasmani Olahraga.

“Di saat bersamaan, akan dimulai juga kuliah Matrikulasi untuk calon mahasiswa S2 Magister Manajemen, yang merupakan angkatan-VI tahun ini. Sampai sekarang, sudah ada 41 calon mahasiswa yang ikut mendaftar,” sebutnya.

Rektor UNIKI, Dr. Marwan, M.Pd menyebutkan, sesuai instruksi Kementerian dan Pimpinan Daerah, peserta yang mengikuti seleksi tes, terpaksa mengikutinya melalui media daring/online dengan mengisi geogle form.

“Adapun untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta dalam membaca Al-quran, seleksi dilakukan secara bertahap selama 4 hari di Kampus Utama Bireuen, dan Kampus PSDKU Kota Lhokseumawe dengan mengikuti protokol kesehatan,” kata Marwan.

Hasil tes akan di umumkan melalui website kampus (www.uniki.ac.id), Radio Kebangsaan UNIKI, dan media online. (Akhyar)