MEULABOH (RA) – Masyarakat Aceh Barat heboh, informasi seorang warga kabupaten setempat positif Covid-19, tersebar luas. Sementara kabarnya, pasien telah kembali pulang menuju Depok, Jawa Barat. 
Sekretariat Gugus Covid-19, Irsadi Aristora, MH, Kamis (25/6), membenarkan informasi tentang seorang warga Aceh Barat positif terpapar virus Corona. “Iya ada seorang warga pendatang yang positif. Tadi pagi pukul 11.00 Wib keluar hasil laboratorium Banda Aceh,” jawabnya.
Pasien positif tersebut, sambung Irsadi, seorang wanita berinisial DFN (30), merupakan warga Aceh Barat yang selama ini telah lama menetap di Depok Jawa Barat. Sebelum ramadhan 1441 Hijrah, ia pulang ke kampung halaman di Desa Ujong Drien, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat. 
Usai melepaskan kerinduan di kampung halaman, pada Jumat (19/6) lalu, DFN berniat mengurus surat bebas Covid-19 di laboratorium swasta jalan Gajah Mada Meulaboh.
“Karena ingin kepastian lebih pasti tentang hasil tes, sample kembali di kirim ke lab Banda Aceh dengan catatan, DFN dapat menunda keberangkatan. Kamis (25/6) pukul 11.00 WIB, hasil Lab keluar, dari empat orang tes, satu orang berinisial DFN dinyatakan positif,” ucap Irsadi.
Namun saat tim Gugus Covid-19 Aceh Barat mendatangi kediaman orang tua DFN di Ujong Drien, malah mendapatkan informasi DFN telah kembali pulang ke Depok, Jawa Barat dengan mengurus surat bebas Covid-19 dari Banda Aceh.
“Sekarang, seluruh dokumen dan berkas DFN telah kami amankan dan langsung memberikan informasi kepada tim Gugus Covid-19 Provinsi Aceh, agar cepat berkoordinasi dengan tim Gugus Jawa Barat,” jelas Irsadi.
Spontan tim gugus Covid-19 Aceh Barat melakukan tracking terhadap keluarga dan tetangga DFN dengan melakukan sweb tes atau rapid tes. “Kita harus fokus melakukan tracking ini, biar Aceh Barat lebih pasti aman dari paparan virus Corona,” langkah Irsadi.(den)