BANDA ACEH (RA) – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) akan menandatangani kesepakatan kerja sama (MoU) dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) terkait penyampaian info kebencanaan, sebagai salah satu tanggung jawab RRI untuk menjawab kebutuhan informasi publik.

Kepala LPP RRI Banda Aceh Drs Harianto MSi mengatakan, kesepakatan kerja sama antara RRI dengan RAPI se-Aceh tersebut merupakan tindak lanjut dari program yang disiapkan secara nasional oleh Direktur Utama RRI M Rohanuddin dan akan dilaksanakan oleh RRI dan RAPI se-Indonesia.

“Kerja sama akan dilaksanakan oleh seluruh RRI dan RAPI di Aceh dan kami sudah mengadakan pertemuan awal dengan Ketua RAPI Aceh, H Rahmat Thalib/JZ01BIR dan sejumlah pengurus RAPI lainnya, Rabu (24/6/2020) sore,”katanya.

Menurut Harianto, RRI dan RAPI akan melakukan kerjasama secara institusional dan fungsional untuk peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan publik dalam memberikan layanan informasi kepada publik melalui siaran RRI.

“RAPI sebagai organisasi sosial nirlaba yang independen netral dan profesional, akan memberikan kontribusi informasi kebencanaan, dan lain-lain sebagai informan, kontributor atau nara sumber sesuai yang dibutuhkan RRI di seluruh Indonesia, khususnya untuk siaran Pro 3,” tuturnya.

Harianto yang didampingi Kabid LPU Syamsul Qamar S Sos juga mengatakan, secara teknis operasional akan tertuang dalam MoU yang sedang disusun Tim Bidang Kerjasama Direktorat Program dan Produksi dengan Pengnas RAPI.

“Penandatanganan MoU direncanakan dilakukan Dirut dengan Ketua Pengnas RAPI di Jakarta, diikuti penandatanganan secara serentak para Kasatker dengan RAPI Wilayah/Daerah berlangsung secara virtual,” pungkas Harianto. (rq)