SABANG (RA) – Seorang gadis remaja NAU (16), asal Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19, Jumat (26/6).

Hal tersebut diketahui setelah menjalani hasil uji sampel usap (swab test) hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Banda Aceh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sabang dr Titik Yuniarti mengatakan, dua dari warga Sabang yang dilakukan uji sampel usap (swab test) hidung dan tenggorokan kemarin, satu diantaranya resmi dinyatakan positif corona virus disease (COVID-19).

Sebelumnya diketahui telah dilakukan tes cepat (rapid test) terhadap kakak beradik pada Rabu (24/6) dan hasilnya reaktif.
Selanjutnya, untuk memastikan terpapar atau tidaknya maka, dilakukan uji sampel usap (swab test) hidung dan tenggorokan dengan metode polymerase chain reaction (PCR).
Hasilnya, Si kakak, NAU (16), dinyatakan positif Covid-19, sedangkan adiknya bayi yang berumur enam bulan itu negatif Covid-19.

“Jadi, dari hasil swab test, hanya NAU (16) kakak dari balita enam bulan tersebut yang positif Covid-19, tapi adiknya itu hasil swapnya negatif,” terang dr Titik.

Lebih lanjut dikatakan, untuk penanganan selanjutnya, pasien telah di rujuk sore tadi dengan kapal menuju RSUZA Banda Aceh menggunakan KM. Sabang Sejahtera untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Sementara, 3 orang tenaga medis yang kemarin sudah diambil test swab juga sudah keluar hasil dengan menunjukkan hasil negatif.

“Nantinya Tim Gugus Tugas Kota Sabang akan segera mencari tahu lebih jauh tentang riwayat perjalanan dari pasien ini secepatnya untuk memutuskan penularan virus Covid-19 di Kota Sabang” tutupnya.(han)