Pemkab Bireuen Raih Penghargaan WTP ke-6

BIREUEN (RA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen kembali berhasil meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk keenam kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Pemkab Bireuen, tahun anggaran 2019 oleh Kepala Perwakilan BPK Aceh, Arif Agus, SE., MM. Ak.CPA, kepada Bupati Bireuen, Dr. Muzakkar A Gani, SH, M.Si dan Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor BPK RI Perwakilan Aceh dengan mengikuti Protokol Kesehatan.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH. M.Si, usai penyerahan LHP LKPD di Aula BPK RI Perwakilan Aceh, Senin (29/6), mengapresiasi kinerja seluruh SKPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang telah bekerja maksimal, serta mengikuti aturan sistem administrasi pengelolaan keuangan.

Dengan loyalitas kinerja seluruh SKPK, sebut Muzakkar, akhirnya Pemkab Bireuen kembali berhasil meraih Opini WTP BPK RI yang keenam kalinya. Dan kita berharap, pencapaian ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Menurutnya, pihak BPK RI juga memberi sejumlah catatan penting terkait Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) daerah, serta rekomendasi yang perlu mendapat jawaban dari Pemkab Bireuen.

Kami akan segera mengevaluasi seluruh catatan penting tersebut, kata Muzakkar, dan secepat mungkin memberi jawaban terkait rekomendasi dari BPK RI.

“Alhamdulilah berkat kerjasama antara legislatif dan eksekutif, kita kembali meraih Opini WTP dari LHP BPK RI. Ini sudah enam tahun berturut-turut, yang menandakan pengelolaan keuangan sudah baik, sesuai sistem administrasi yang berlaku,” ujar Bupati Bireuen.

Sementara itu, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S.Sos menyebutkan, pihaknya cukup bangga atas kerjasama eksekutif dan legislatif. Sehingga, tata kelola keuangan daerah kembali meraih WTP, sesuai LHP BPK RI atas LKPD 2019.

“Semoga dapat terus dipertahankan, serta kerjasama pemerintah daerah dan DPRK senantiasa sinergis, untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Bireuen,” sebut Rusyidi yang sering disapa Ceulangiek itu. (Akhyar)