JK Apresiasi Gerakan Donor Darah ASN Aceh

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menggelar Video Conference dengan Ketum PMI Pusat Muhammad Jusuf Kala dan Sekjen PMI Pusat Sudirman Said, di ruang tengah Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa (30/6). (HUMAS PEMERINTAH ACEH)

BANDA ACEH (RA) – Ketua Umum PMI Pusat Muhammad Jusuf Kala mengapresiasi Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh, yang diinisiasi oleh Plt Gubernur dan Sekda Aceh.

“Secara pribadi dan atas nama organisasi PMI, saya mengapresiasi respon Plt Gubernur bersama Sekda Aceh terhadap kelangkaan darah di masa pandemi Covid-19, dengan menginisiasi Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh,” ujar mantan Wakil Preaiden RI itu, pada video conference Gerakan Donor Darah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh Tahap Kedua, Selasa (30/6).

“Selama ini, Indonesia hanya mampu memenuhi 90 persen kebutuhan darah. Kondisi pandemi Covid-19 ini membuat stok darah kita semakin berkurang. Selama pandemi Covid-19 ini, kami melihat Pemerintah Aceh yang sangat responsif mengatasi berkurangnya stok darah,” kata JK.

Dalam kesempatan tersebut,, JK juga mengapresiasi seluruh elemen masyarakat dan instansi yang telah membantu dan menampung 94 orang Rohingya yang terkatung-katung di lautan.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat Aceh dan sejumlah instansi yang telah membantu dan menampung saudara-saudara kita Rohingya di Aceh Utara. Ini adalah pembuktian masyarakat Aceh sedang mengamalkan sila kedua dari dasar negara kita Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Orang yang meninggal saja kita tolong, kita cari mayatnya. Apalagi orang yang hampir meninggal, tentu harus kita selamatkan, harus kita tolong,” imbuh JK.

Paket Umrah ASN Pendonor Darah
Sementara Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, pada kesempatan tersebut, selain mengucapkan terimakasih atas apresiasi disampaikan, juga dalam rangka meluncurkan Gerakan Donor Darah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh Tahap Kedua.

“Terima kasih dan apresiasi saya kepada seluruh Kepala SKPA dan jajaran, yang telah berpartisipasi dengan sukarela dalam gerakan sosial ini. Dengan ini saya meluncurkan Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Tahap kedua, semoga gerakan ini berjalan sukses dan menginspirasi masyarakat luas untuk turut mendonorkan darahnya,” ujar Nova.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur juga menjanjikan paket Umrah, kepada ASN yang paling cepat menyentuh angka 10 kali mendonorkan darahnya.

“Niat saya dan niat kita semua tentu sama, yaitu mendonorkan darah, hanya itu. Karena setetes darah kita adalah kehidupan bagi orang lain. Nah, untuk menyemangati para ASN, saya akan memberi bonus Umrah kepada ASN yang paling cepat menyentuh angka 10 kali donor, pasca diluncurkannya Gerakan Donor Darah ASN tahap kedua hari ini. Umrahnya sepasang, untuk suami istri,” kata Nova. (ril/min)