Ketua KPA Langsa Panen Vaname Bioflok

Wali Kota Langsa Usman Abdullah menyerahkan udang vaname hasil panen kepada masyarakat setempat, Senin (30/6). Rakyat Aceh/Ray Iskandar

LANGSA (RA) – Ketua Komite Paralihan Aceh (KPA) Kota Langsa melakukan panen perdana budidaya udang vaname sistem bioflok di Gampong Seuriget, Kecamatan Langsa Barat, disaksikan Forkopimda setempat, Selasa (30/6).

Ketua KPA Langsa, Muhammad Isa menyampaikan jika baru pertama kali pihaknya mengembangkan program kolam bioflok. “Selama ini, kami pelihara vaname mengunakan tambak tradisional,” terangnya.

Namun setelah dikalkulasikan, hasilnya kurang maksimal, maka itulah mencoba dengan kolam bioflok. Tahap pertama, ada tiga kolam bioflok, terdiri dari dua kolam besar dan satu kolam kecil, dengan jumlah benih lebih kurang 50 ribu. “Hari ini tepat 70 hari usaha ini, dan coba kita panen dengan size 80,” sebutnya.

Bila dibandingkan dengan jumlah modal yang dikeluarkan dengan kolam tambak tradisional dengan benih 50 ribu, maka dapat dipastikan menguntungkan dengan sistem kolam bioflok.

Maka kedepan, pihaknya berharap kepada Pemerintah Kota Langsa agar dapat mengembangkan sistem bioflok. Selain efektif dan tidak perlu tempat yang besar di depan rumah pun sudah bisa berusaha.

“Budidaya udang vaname dengan bioflok cukup bagus untuk dikembangkan, apalagi langsa berada di wilayah pesisir pantai dan dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Langsa Usman Abdullah, mengatakan sistem bioflok menjadi peluang bisnis baru bagi masyarakat, apalagi hasilnya pun sangat bagus, kedepan Pemko Langsa akan berupaya mengembangkan budi daya udang vaname dengan sistem bioflok di pekarangan milik warga.

“Kami lihat budi daya udang vaname dengan cara ini sangat praktis, dan bisa mempercepat penurunan angka kemiskinan di wilayah pesisir,” kata pria yang akrap disapa Toke Suum.

Menurutnya, apa yang dilakukan Muhammad Isa bisa dijadikan sebagai lokasi percontohan budi daya udang vaname menggunakan teknologi bioflok.

“Kita akan diskusi dengan dinas terkait dalam rangka pengembangan sistem kolam bioflok dengan memanfaatkan pekarangan warga tersebut dalam rangka ketahanan pangan,” ujarnya.

Hadir dalam acara panen perdana tersebut, Walikota Usman Abdullah,SE, Wakil Walikota Marzuki Hamid, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, Kapolres Langsa, AKBP Giyarto,SH,SIK, Ketua Pengadilan Langsa, Dr. Nurnaningsih Amriani, SH,MH, Wakapolres Langsa, Kompol Muhammad Dahlan dan Ketua MPD, A Samad Hasan.(ris/ra)