Kapal Baladewa – 8002 Sambang Nusa Ke Sabang

SABANG (RA) – Kapal Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Baladewa – 8002 Mabes Polri singgah di Sabang.

Kapal canggih Mabes Polri yang dilengkapi dengan perangkat navigasi seperti Marine radar, SSB/MFHF, VHF, GPS, Navtex, Ecdis, Spycam, Echosounder, Speed log, Epirb, dan AIS singgah di Sabang dalam rangka mengunjungi pulau-pulau terluar di Indonesia.

Komandan Kapal Polisi Baladewa – 8002 Mabes Polri, Komisaris Polisi Carito Tatag, S.ST, Selasa (7/7) mengatakan, Sambang Nusa merupakan suatu program unggulan atau quick wins Polri dengan menyambangi pulau-pulau terluar yang berpenghuni guna melaksanakan interaksi langsung dengan masyarakat.

Kehadiran dan perhatian Polisi khususnya Polairud selaku aparatur negara pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terluar Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin menumbuhkembangkan rasa Nasionalisme dan kecintaan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terluar terhadap NKRI.
Termasuk juga dapat terjalinnya kemitraan antara Polairud dan masyarakat guna mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di pulau-pulau terluar yang berpenghuni,” terang Kompol Carito Tatag.

Lebih lanjut dikatakan, dengan kegiatan ini juga menjalin sinergitas serta soliditas sesama aparatur negara untuk membangun dan mempertahankan eksistensi negara di pulau-pulau terluar Indonesia.

Selama di Sabang pihaknya akan melaksanakan serangkaian dan berkunjung ke unsur – unsur Forkopimda Kota Sabang, mulai dari Mako Polres Sabang, Mako Pangkalan TNI – AL Sabang, Mako Satrad 233 TNI – AU Sabang serta silaturahmi kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kota Sabang, dalam rangka menjalin sinergitas dan soliditas.

Kecuali itu juga akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan himbauan tentang pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 kepada masyarakat pesisir dan para pengguna jasa perairan di Pelabuhan Balohan Sabang serta para pengunjung obyek wisata di Kilometer Nol Sabang.

“Kita akan membagi-bagikan masker kepada masyarakat, mudah-mudahan kegiatan yang kami laksanakan ini memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Sabang,” ujarnya. (han)