Berfose : sesi foto bersama 16 Ormas, Okp yang tergabung dalam relawan Bireuen peduli Rohingya di depan gedung BLK, Kota Lhokseumawe. Rakyat Aceh/Akhyar

BIREUEN (RA) – Relawan Bireuen Peduli Rohingya, berhasil menggalang dana sebesar Rp 19,5 juta untuk diberikan kepada warga muslim Rohingya dalam pengungsian di Provinsi Aceh.

Relawan Bireuen Peduli Rohingya merupakan gabungan dari 16 lembaga, Ormas dan OKP yang ikut bergabung menggalang donasi untuk Rohingya.

Koordinator Lapangan, Sabaruddin kepada Rakyat Aceh, Minggu (12/7) mengatakan, penggalangan dana dilaksanakan selama beberapa hari. Hasil donasi, sudah diserahkan kepada ACT Lhokseumawe beberapa hari lalu.

“Dana yang terkumpul sudah diserahkan kepada pengungsi muslim Rohingya, yang berbulan-bulan terombang ambing di lautan sebelum ditemukan di perairan Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. Dan kini berada di posko pengungsian,” ujar Sabar.

Penggalangan donasi, sebut Sabar, dilakukan atas dasar keinginan kuat untuk memastikan para pengungsi itu tidak kesulitan selama berada di Indonesia.

”Alhamdulillah masyarakat Bireuen sangat peduli terhadap kesusahan orang lain, termasuk kesusahan saudara-saudara kita muslim Rohingya di Lhokseumawe,” sebutnya. (mag-84/msi)