BIREUEN (RA) – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Bireuen terpilih sebagai tuan rumah Musyawarah Badan Koordinasi (MusBadko) yang keenam.

HMI Bireuen ditetapkan sebagai tuan rumah berdasarkan hasil rapat koordinasi virtual yang dihadiri oleh 15 fungsionaris HMI, meliputi 5 pengurus Badko HMI Sumatera Raya dan 10 Perwakilan cabang di wilayah koordinasi HMI Se-sumatera Raya.

Rapat yang berlasung sejak pukul 20.30-23.30 WIB ini, dilaksanakan pada 12 Juli 2020, via online melalui aplikasi zoom, yang dibuka langsung oleh Ketua HMI Badko Sumatera Raya, Dabson L dan dimoderatori oleh Sekretaris HMI Badko Sumatera Raya, Randi Arriavinandi.

Adapun pengurus Badko yang menghadiri rapat ini yaitu, ketua Badko Sumatera Raya, sekretaris Badko Sumatera Raya, Kabid Internal Badko Sumatera Raya beserta staf dan Kabid Eksternal Badko Sumatera Raya.

Sedangkan, perwakilan cabang yang hadir dalam rapat ini adalah cabang Bireuen, cabang Aceh Timur, cabang Medan, cabang Kampar, cabang Pekanbaru, cabang Siak, cabang Kuantan Singingi, cabang Padang, cabang Palembang Darussalam, cabang Tulang Bawang. Sementara, cabang Meranti dan cabang Bandar Lampung, mengonfirmasi izin dalam rapat kali ini.

Syibran Mulasi, selaku ketua umum HMI cabang Bireuen kepada media, Selasa (14/7) mengatakan, serangkaian kegiatan yang dibahas dalam rapat secara virtual ini berupa, pembahasan silaturahmi pengurus HMI Badko Sumatera Raya bersama cabang-cabang HMI Se-Sumatera Raya, menyampaikan kesiapan Pengurus Badko dan cabang-cabang HMI se-sumatera raya dalam mengikuti MusBadko ke-6 HMI Badko Sumatera Raya. Kemudian, menentukan tuan rumah penyelenggaraan MusBadko ke-6 HMI Badko Sumatera Raya, dan membahas perihal pemekaran Badko yang akan diagendakan di dalam agenda musbadko ke-6 HMI Badko Sumatera Raya.

Seluruh cabang-cabang HMI Se-Sumatera Raya, sebut Syibran, menyatakan siap untuk mengikuti MusBadko ke-6 HMI Badko Sumatera Raya, dengan 2 model kegiatan, baik secara luring (tatap muka), daring (online), maupun kombinasi.

“Dalam pembahasan mengenai tuan rumah MusBadko ke-6, ketua Badko Sumatera Raya memberikan kesempatan kepada seluruh forum rapat untuk menyampaikan opsi tentang mekanisme penentuan tuan rumah MusBadko. Atas kesepakatan forum, mekanisme penentuan tuan rumah dilakukan dengan menanyakan kesiapan setiap cabang. Alhasil, ada 4 cabang yang menyatakan siap menjadi tuan rumah, yaitu cabang Bireuen, cabang Aceh Timur, cabang Kuantan Singingi, dan cabang Siak,” sebut ketua umum HMI Bireuen.

Dikatakan, setelah dilaksanakan vote, maka cabang Bireuen (Aceh) dinyatakan sebagai tuan rumah Musbadko dengan memperoleh 7 vote, sedangkan cabang Aceh timur memperoleh 3 vote, cabang Kuantan Singingi dan Cabang Siak tidak memperoleh vote.

Selanjutnya, rapat ditutup oleh Ketua HMI Badko Sumatera Raya, Dabson L dengan menyampaikan kembali bahwa Musbadko nanti akan kita laksanakan dengan mengutamakan efektivitas keterlibatan cabang-cabang se-sumatera raya. Jika musbadko dilaksanakan secara luring (tatap muka), maka tuan rumah diharapkan memperhatikan berbagai kesediaan aspek teknis kegiatan, baik dari segi akomodasi, transportasi, konsumsi, kesehatan, dan juga media.

“Ketua HMI Badko Sumatera Raya, Dabson L berharap kepada seluruh peserta MusBadko yang hadir nantinya, agar tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan setempat. Jika penyelenggaraan tuan rumah melaksanakan secara virtual, seluruh peserta diminta untuk menyiapkan kebutuhan online, agar pelaksanaan MusBadko berjalan efektif,” ujar Syibran Mulasi. (akh)