Wali Kota Usman Abdullah,SE, melantik Ir Said Mahdum Majid sebagai Sekda Kota Langsa, Senin (13/7). Rakyat Aceh/Ray Iskandar

LANGSA (RA) – Wali Kota Langsa Usman Abdullah SE melantik dan mengambil sumpah Ir Said Mahdum Majid sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Langsa, di Aula Cakra Donya, Senin (13/7).

Said Mahdum Majid dilantik sebagai Sekda Kota Langsa menggantikan Syahrul Thaib yang akan memasuki masa pensiun. Dalam kesempatan itu, wali kota juga melantik Syahrul Thaib sebagai staf ahli wali kota bidang pemerintahan umum dan politik.

Prosesi dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Dimana tamu undangan yang hadir dalam pelantikan harus menggunakan masker, dan sebelum masuk ke lokasi pelantikan tamu undangan harus mencuci tangan dan wajib menjaga jarak (physical distancing).

Dalam sambutannya, Wali Kota Usman Abdullah mengatakan, pelantikan merupakan hal yang lumrah dalam sebuah organisasi pemerintah, konon lagi Syahrul Thaib sudah sangat lama menjabat sebagai Sekda, apalagi dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun.

Toke Suum menjelaskan bahwa Sekda memiliki peran sangat penting dalam rangka membantu tugas-tugas wali kota dan wakil wali kota. Sekda merupakan motor pengerak bagi Pemerintah Kota Langsa.

Selain itu, perlu diingat bahwa Sekda yang baru adalah ada tiga hal yang sangat penting dalam pelaksanaan tugas nantinya, yang pertama disipilin PNS, karena tanpa kedisiplin pelayanan tidak akan berjalan dengan baik.

Hal kedua bangun hubungan baik dengan semua pihak. Dalam menjalankan tugas Sekda harus berperan sebagai penyambung hubungan dengan semua pihak. Dan ketiga kembangkan sistim anggaran yang berbasis kinerja.

Lebih lanjut wali kota mengucapkan selamat sekda yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik, banyak tugas dan kewajiban yang akan dilaksanakan ke depannya.

Wali Kota juga mengucapkan terimakasih kepada sekda sebelumnya, Syahrul Thaib yang telah bekerja keras selama menjalankan amanah dalam menjalankan pemerintahan. “Semoga semua yang telah dkerjakan menjadi amal ibadah disisi Allah SWT,” ujarnya.

Tampak hadir, Ketua DPRK Langsa, Zulkifli Latif, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, Kapolres Langsa, AKBP, Giyarto,SH,SIK, Kejari Langsa, Ikhwan Nul Hakim SH, Ketua Pengadilan Langsa, DR Nurnaningsih Amriari SH MH, dan Jajaran Pimpinan OPD Pemko Langsa.(ris/ra)