Anggota Fraksi Partai Demokrat (PD) Aceh Selatan, Velly Hidayat

TAPAKTUAN (RA) – Pendapat akhir Fraksi Partai Demokrat (PD) terhadap persetujuan Rancangan Qanun Kabupaten Aceh Selatan tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBK tahun Alanggaran 2019.

Pada rapat Paripurna LPJ APBK 2019 yang berlansung di gedung pertemuan lantai II DPRK Aceh Selatan,” Jumat (17/7). Fraksi Partai Demokrat (PD) Velly Hidayat menyampaikan bahwa pandangan umum yang menjadi rekomendasi pimpinan beserta anggota DPRK itu merupakan bentuk itikat baik sebagai wujud perhatian terhadap kemajuan daerah Aceh Selatan yang dicintai.

Setelah mendengar penyampaian pidato Bupati Aceh Selatan, Fraksi Partai Demokrat menjadi sebuah rangkuman serta dukungan dalam mengambil keputusan pendapat akhir bahwa sesungguhnya LPJ ini merupakan singkronisasi tentang keuangan daerah sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada Rakyatnya.

“Dalam penyajian data dan laporan hendaknya Tim TAPD untuk fokus dan teliti agar tidak salah memasukan angka–angka, karena akan terjadi salah pemahaman, ini juga karena merupakan dokumen penting tentang pelaksanaan APBK Aceh Selatan tahun anggaran 2019,” jelas Hidayat.

Kedepan juga sangat diperlukan membuat perencanaan yang matang serta meningkatkan pengawasan yang berkelanjutan agar apa yang hendak dicapai dapat terwujud dengan sempurna.

Selanjutnya anggota DPRK Vellay Hidayat atasnama Fraksi Demokrat (PD) pada kesempatan itu juga menyampaikan beberapa rekomendasi kepada Pemkab Aceh Selatan sebagai masukan dan aspirasi dari masyarakat.

“Kiranya perlu untuk ditindak lanjuti dan berharap Bupati Aceh Selatan agar lakukan pengembangan dan peningkatan kawasan Pelabuhan Labuhanhaji.

Mengingat pelabuhan tersebut mampu menyumbang PAD serta mampu mendukung meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Sambungnya, apalagi pelabuhan itu memiliki nilai histori yang merekat juga sebagai icon wisata Aceh Selatan dalam segi sejarah, budaya dan agama.
“Untuk itu sudah sepatutnya Pelabuhan Labuhanhaji mendapati perhatian khusus dari Pemkab Aceh Selatan,” tegas Velly.

Ia, menyebutkan untuk menciptakan daya tarik pengunjung yang lebih banyak baik pengungjung yang memanfaatkan jasa penyeberangan maupun pengunjung yang sekedar menikmati nilai-nilai social lain yang berada di kawasan tersebut.

Ungkapnya, diketahui bersama bahwa Aceh selatan mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah, salah satunya aliran sungai kluet yang berada di kawasan Kluet Raya.
Sungai tersebut membentang mengaliri empat wilayah Kecamatan dari ujung Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Timur dan bermuara ke kawasan Kluet Selatan.

“Ini merupakan satu-satunya sungai di Provinsi Aceh yang keaslian lingkunganya masih terjaga hal ini diperkuat dengan keadaan lingkungan yang masih mudahnya masyarakat mendapati ikan-ikan air tawar yang berada dalam sungai tersebut.

Seiring dengan keadaan itu maka oleh Pemkab untuk kembangkan potensi Parawisata pada kawasan sungai Kluet tersebut,” harapnya. (rus)