Disperindag Bireuen Gelar Pasar Murah

BIREUEN (RA) – Menindaklanjuti surat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Nomor : 510/2917/PDN/VII/2020 Tanggal 01 Juli 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM), menggelar pasar murah dan operasi pasar Tahun 2020 di pasar Guruegok, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Selasa (21/7).

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Bidang Perdagangan Provinsi Aceh, Abdussalam, S.Sos, M.Si, dan unsur Forkopincam Gandapura.

Kebutuhan pokok yang diperjualbelikan berupa, beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu dan telur ayam, dengan harga subsidi Rp 3.000 dari harga pasar, serta telur Rp 250 perbutir.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bireuen, Ir Alie Basyah M Si, melalui kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Bireuen, Azhar SE, kepada media Rakyat Aceh mengatakan, penyelenggaraan pasar murah dalam rangka menjaga stabilitas harga dan upaya memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, sekaligus meringankan beban hidup masyarakat akibat dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Pasar murah di gelar dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1441 H, dan sebagai antisipasi terjadi kenaikan lonjakan harga barang pokok, meskipun saat ini harga bahan pangan di wilayah Bireuen masih terkendali,” ujar Azhar.

Mengingat pelaksanaan pasar masih dalam masa pandemi, sebut Azhar, penerapan protokol kesehatan kegiatan di area publik diberlakukan. Setiap pengunjung wajib menggunakan masker, pemberlakuan Physical distancing minimal 1 meter, dan dianjurkan kepada masyarakat sebelum bertransaksi mencuci tangan dengan handsanitazer.

“Semoga masyarakat di lingkungan Kabupaten Bireuen dapat menikmati manfaatnya dengan pasar rakyat harga subsidi pemerintah,” ungkapnya.

Sementara data yang diperoleh Rakyat Aceh, pelaksanaan pasar murah di Kabupaten Bireuen, dilakukan di 4 lokasi berbeda, dan berlangsung selama Empat hari berturut-turut.

Pasar rakyat itu, sudah berlangsung di Kecamatan Jeunieb pada ( 20 / 7 ) kemarin. Kemudian dini hari, Selasa ( 21 / 7 ) di Kecamatan Gandapura. Selanjutnya akan di gelar di Kecamatan Peusangan pada ( 22 / 7 ), dan terakhir di Kecamatan Kota Juang pada (23/7). (akh)