Seekor Trenggiling Ditemukan Warga

For Rakyat AcehTrenggiling: Seekor Trenggiling (Manis javanica) Kepada petugas Taman Nasional Gunung Leuser secara sukarela pada Sabtu malam (18/7), sekitar pukul, 10.15 WIB.

TAPAKTUAN (RA) – Belum lama ini Efrizal Sahputra (30 tahun) warga asal Desa Gunung Keurambil, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, menyerahkan seekor Trenggiling (Manis javanica) Kepada petugas Taman Nasional Gunung Leuser secara sukarela pada Sabtu malam (18/7), sekitar pukul, 10.15 WIB.

Kepala SPTN Wilayah II Kluet Utara, Teuku Irmansyah, S.Hut, menjelaskan bahwa rencananya Trenggiling (Manis javanica) tersebut akan diserah terima kembali kepada petugas BKSDA Aceh melalui Resort Konservasi Wilayah 15 Tapaktuan untuk dilepas liarkan kembali ke alam.

“Trenggiling (Manis javanica) tersebut ditemukan oleh Erizal disamping rumahnya di dalam tumpukan kayu bakar yaitu sekitar pukul, 09.00 WIB,” katanya, Senin (20/7).

Hewan lindung yang gemar memakan serangga ini diduga kesasar, saat mencari sumber makanan di sekitar pemukiman penduduk yang posisinya tidak jauh dengan areal pegunungan dan perkebunan masyarakat setempat.

Berdasarkan observasi petugas di lapangan hewan liar ini berjenis kelamin betina dalam kondisi sehat dan dengan ukuran berat kurang lebih 2 Kg.

“Untuk sementara waktu hewan lindung itu diamankan petugas di Kantor BPTN Wilayah I Tapaktuan, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser,” tutupnya. (yat/rus)