Bulog Lhokseumawe Siapkan 120 Ton Komoditi Pangan

SERAHKAN KOMODITI- Kepala Bulog Sub Divre Cabang Lhokseumawe, Mufti, ikut menyerahkan komoditi kepada masyarakat dalam pasar murah di Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, Selasa kemarin. ARMIADI/RAKYAT ACEH.

“Untuk Pasar Murah Harga Subsidi”

LHOKSEUMAWE (RA) – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Cabang Lhokseumawe, dalam pasar murah menjelang Idul Adha, telah menyediakan 120 ton komoditi pangan dan 215.400 butir telur untuk masyarakat di tiga kabupaten/kota di Aceh. Yakni, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara serta Bireuen yang merupakan wilayah kerja Bulog setempat.

Pasar murah itu terlaksana atas kerjasama Bulog dengan Disperindag Provinsi Aceh, dimulai sejak Senin-Kamis, (20-23/7). “Hasil pantau kita dilapangan untuk pelaksanaan pasar murah menjelang Idul Adha itu berjalan lancar,”ucap Kepala Bulog Sub Divre Cabang Lhokseumawe, Mufti, kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Ia mengatakan,setiap kabupaten/kota itu untuk pasar murah ditetapkan di empat kecamatan oleh Disperindag setempat. Masing-masing di Kota Lhokseumawe, di Kecamatan Blang Mangat, Banda Sakti, Muara Dua dan Kecamatan Muara Satu. Sedangkan di Aceh Utara, di Kecamatan Seunuddon, Meurah Mulia, Tanah Luas dan Kecamatan Samudera.

Sementara di Kabupaten Bireuen, pasar murah berlangsung di Kecamatan Jeunieb, Gandapura, Peusangan dan Kecamatan Kota Juang. “Komoditi pangan yang dijual ada lima barang, seperti beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu dengan harga subsidi Rp 3 ribu perkilo serta telur Rp 250 perbutir,”katanya.

Sebut dia, komoditi yang disiapkan dalam satu kabupaten/kota itu yakni beras 16 ton, gula 11 ton, tepung terigu 3 ton, minyak goreng 10 ton dan 71.800 butir telur. Namun, jika dijumlahkan komoditi pangan yang dijual dalam tiga daerah itu untuk beras 48 ton, gula 33 ton, tepung terigu 9 ton, minyak goreng 30 ton dan 215.400 butir telur. “Kalau kita gabungkan komoditi beras, gula, tepung dan minyak goreng maka berjumlah 120 ton bahan pangan yang kita jual dengan harga subsidi,”ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, dalam kegiatan pasar murah di Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, juga tampak hadir Waki Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, Plh Kadisperindag Aceh Utara, Dayan Albar dan Kadisperindag Aceh,Tanwir serta pihak terkait lainnya. Khususnya, untuk Kadisperindag Aceh,Tanwir juga memantau pasar murah di Lhokseumawe dan Kabupaten Bireuen.

“Jadi setiap masyarakat yang berbelanja dipasar murah tetap harus mematuhi protokol kesehatan covid-19, seperti memakai masker dan lainnya,”cetus Kepala Bulog Sub Divre Lhokseumawe ini. (arm/msi)