Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 24 Jul 2020 08:20 WIB ·

Peringati Hari Anak Nasional, Dyah Semangati Pelajar


 Istri Plt Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, memberikan motivasi bagi pelajar SMA Negeri 4 Banda Aceh, Kamis (23/07). Pertemuan dengan pelajar itu dilakukan Dyah berbarengan dengan Hari Anak Nasional tahun 2020. FOTO IST  Perbesar

Istri Plt Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, memberikan motivasi bagi pelajar SMA Negeri 4 Banda Aceh, Kamis (23/07). Pertemuan dengan pelajar itu dilakukan Dyah berbarengan dengan Hari Anak Nasional tahun 2020. FOTO IST

BANDA ACEH (RA)- Memperingati Hari Anak Nasional tahun 2020, Istri Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati menyemangati siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Banda Aceh. Belasan pelajar kelas tiga tersebut diundang langsung Dyah ke Kantor Gubernur Aceh, Kamis (23/7).

“Pandemi membuat kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. Kondisi saat ini mau tidak mau membuat belajar di rumah sebuah pilihan terbaik,” kata Dyah.

Meski kebijakan belajar di rumah merupakan kebijakan yang tidak populer, hal itu perlu dilakukan pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran covid-19. “Imun kalian memang kuat, kalian tidak rentan sakit. Tapi ingat kalian bisa membawa pulang penyakit itu ke rumah dan orang tua yang imunnya cenderung lemah akan rentan tertular,” kata Dyah.

Anak-anak yang bersilaturahmi pada perayaan HAN 2020 adalah pelajar kelas 3. Artinya dalam waktu dekat mereka akan mengikuti  ujian akhir jelang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan para siswa jelang tamat SMA adalah dengan mengulang kembali pelajaran mulai dari kelas 1. “Buat catatan dan jika perlu catat kembali. Ingatan akan lebih terekam dengan baik dengan cara mencatat, bukan sebatas membaca,” ujar Dyah menyampaikan trik menyerap ilmu dengan baik.

“Insya Allah kalian lulus dengan nilai baik dan keterima dengan nilai tinggi,” kata Dyah.

Angka kelulusan di Provinsi Aceh memang relatif lebih rendah di banding beberapa provinsi lain. Namun demikian, perlu dicatat bahwa angka kelulusan siswa Aceh di perguruan tinggi negeri masuk lima besar nasional. Artinya tekad anak Aceh untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri sangat tinggi, dan siswa Aceh mampu bersaing dengan siswa lainnya.

“Angka itu harus harus jadi pemicu bagi kalian untuk semangat belajar dan masuk perguruan tinggi,” kata Dyah.

Sementara itu, Ainal Mardhiah, guru pelajaran ekonomi yang membawa serta rombongan siswa silaturahmi dengan Dyah, menyebutkan selain memberikan pelajaran secara daring, ia juga memakai metode tutor sebaya.

Dalam metode ini, Ainal menyampaikan materi kepada 5 sampai 10 siswa secara tatap muka dan merekalah yang nanti akan menjadi tutor kembali ke rekan-rekannya.

“Kepada mereka kita kasih trik bagaimana mengerjakan soal. Nanti mereka akan teruskan ke kawan-kawannya. Saya sebutnya tutor sebaya,” kata Ainal. [Ra]

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Jadi Khatib Jum’at, Tgk. H. Musannif Sanusi Ajak Masyarakat Aceh Besar Dekatkan Diri dengan Alquran

29 March 2024 - 18:05 WIB

Luncurkan Markas di Tanah Rencong, Wamenkominfo: Upaya Perkuat Ekosistem Startup di Aceh

29 March 2024 - 10:58 WIB

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

Trending di METROPOLIS