IKS Sosialisasi Penyusunan APBG-P 2020 

TAPAKTUAN (RA) – Ikatan Keuchik Samadua (IKS), laksanakan kegiatan sosialisasi penyusunan Anggaran Pendapat Belanja Gampong (APBG) – Perubahan tahun 2020, yang bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Samadua. Sabtu (20/07/2020)

Adapun narasumber dari Infektorat Kabupaten Aceh Selatan Ir. Darius, Kepala DPMG Aceh Selatan Agus Tinur, SH, dan Pendamping Kecamatan Hendro. Ikut hadir Unsur Muspika Kecamatan Samadua.

Perserta yang mengikuti sosialisasi adalah seluruh Keuchik, Sekretaris Desa (Sekdes), dan Kasi Keuangan se-Kecamatan Samadua. Acara sosialisasi langsung di buka oleh Camat Samadua Suhaimi Salihin, S.Ag.

Dalam kesempatan itu, Ketua Keuchik Kecamatan Samadua Hasbullah, S.Pd menyampaikan, Pelaksanaan kegiatan ini mengunakan anggaran dari swadaya para Keuchik se Kecamatan Samadua, dipergunakan untuk sosialisasi penyusunan anggaran APBG-P tahun 2020.

“Dalam penyusunan anggaran APBG-P nantinya tidak terkendala, apalagi terdapat pelanggaran dalam hal administrasi, untuk itu kami meminta kepada pihak DPMG Aceh Selatan, Inspektorat Aceh Selatan, dan Pendamping Kecamatan serta Pendamping Desa. Agar dapat membimbing atau membina dalam penyusunan APBG,” pungkasnya

Kepala DPMG Aceh Selatan Agus Tinur, SH, pada kesempatan itu menyampaikan APBG – Perubahan merupakan gambaran menyeluruh tentang program gampong dalam kegiatan Pemerintah Gampong dalam setiap tahun anggaran, sehingga untuk mengetahui perencanaan dan pelaksnaan kegiatan setiap gampong cukup melihat APBG.

” Ini menjadi landasan pijakan bersama oleh karena itu Dana Desa perlu dikelola dan di tata sebaik – baiknya, ” tuturnya.

Untuk itu,  keterlibatan aparatur Pemerintah Gampong agar berpartisipasi dalam proses penyusunan APBG -Perubahan di Gampong, agar mereka mengetahui pelaksanaan tugas – tugas yang akan diembaninya.

“Tujuan diadakannya Sosialosasi ini memberikan pemahaman secara mendalam kepada aparatur Pemerintah Gampong khususnya bertugas dalam proses penyusunan rancangan APBG – Perubahan tahun anggaran 2020 guna dituangkan menjadi Qanun Gampong, ” tutup Kadis.

Pada kesempatan itu, Danramil 05/ Samadua Kapten Inf Alfonso, mengimbau kepada anggota IKS untuk  memeriahkan HUT – 17 Agustus Ke -75 dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memasang bendera dan umbul – umbul.

Alfonso juga mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Ikatan Keuchik Samadua (IKS),  mudah – mudah kegiatan ini menjadi pilot project (proyek percontohan) bagi Kecamatan lainnya dalam Kabupaten Aceh Selatan.  (Yat)